:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Bias Dan Tanggung Jawab dalam Artificial Intelligence melalui Teori Mediasi Peter Paul Verbeek = Bias and Responsibility in Artificial Intelligence through Peter Paul Verbeek's Mediation Theory

Amelia Tasha Renggani; Fristian Hadinata, supervisor; Albertus Harsawibawa, examiner; Mendrofa, James Farlow, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini berfokus pada permasalahan tanggung jawab dan bias yang terjadi dalam Artificiall intelligence melalui penerapannya pada Applicant Tracking System (ATS). Masalah ini menimbulkan pertanyaan mengenai agen yang bertanggung jawab atas bias yang ditimbulkan AI. Terdapat dua posisi dalam agen moral teknologi, pertama manusia sebagai agen moral dan kedua, AI sebagai agen moral. Namun, kedua posisi ini memiliki masalah yang membuatnya tidak cukup untuk memahami permasalahan tanggung jawab moral dalam AI. Artikel ini membahas permasalahan tanggung jawab dalam bias yang terjadi pada AI melalui penerapannya pada ATS dan mengargumentasikan bagaimana kita seharusnya memahami permasalahan tersebut. Artikel ini disusun menggunakan kajian literatur dan metode analisis deskriptif dengan teori mediasi teknologi Peter Paul Verbeek sebagai kerangka analisis. Dimulai dari pemaparan mengenai AI dan ATS, dimensi bias dalam ATS AI, pemaparan mengenai tanggung jawab dalam AI dan diakhiri dengan pemaparan teori mediasi dari Paul Verbeek dan analisis tanggung jawab AI untuk memahami relevansi moral dan status moral dari teknologi sebagai pendekatan baru dalam menjawab problem tanggung jawab dalam AI. Artikel ini bertujuan untuk mendemonstrasikan bagaimana mutualitas teknologi dan manusia terjadi dalam AI dan bahwa permasalahan tanggung jawab moral bukan permasalahan antara satu entitas manusia atau AI tetapi merupakan gabungan keduanya.

This study focuses on the problem of responsibility and bias that occurs in Artificial intelligence through its application in Applicant Tracking System (ATS). This issue raises questions about the responsible agents of bias in AI systems. There are two positions in the moral agent of technology, firstly humans as moral agent and secondly, AI as moral agent. However, both positions have issues that make them insufficient to understand the issue of moral responsibility in AI. This article examines the issue of responsibility for bias that occurs in AI through its application to ATS and argues how we should understand the problem. This article was compiled using literature review and descriptive analysis method with Peter Paul Verbeek's technology mediation theory as the analytical framework. Starting with a discussion about AI and ATS, the dimensions of bias in ATS AI, responsibility issue in AI and ends with a discussion of mediation theory from Paul Verbeek and an analysis of AI responsibility to understand the moral relevance and moral status of technology as a new approach in answering the problem of responsibility. This article aims to demonstrate how the mutuality of technology and humans occurs in AI and that the issue of moral responsibility is not a problem between a single human entity or AI but a combination of the two entities.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Amelia Tasha Renggani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 33 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-14705665 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20521353