:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis asuhan keperawatan pada pasien Chronic Kidney Disease (CKD) dengan penerapan pemantauan Intake Output (Fluid Balance Record) di ruang Penyakit Dalam Lantai 7 RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo = Analysis of nursing care for Chronic Kidney Disease (CKD) patients with the implementation of Intake Output Monitoring (Fluid Balance Record) in Internal Medicine Room 7th Floor Dr Cipto Mangunkusumo Hospital

Paulus Mandiara; Masfuri, supervisor; Anggri Noorana Zahra, examiner; Sianturi, Elteria, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Kebiasaan dalam jangka waktu yang lama akan pola diet yang tidak sehat pada masyarakat perkotaan menjadi salah satu faktor resiko terjadinya hipertensi. Penyakit ini menjadi salah satu faktor penyebab kerusakan ginjal yang dapat mengakibatkan gagal ginjal kronik. Pasien gagal ginjal kronik sering terjadi kelebihan volume cairan akibat kerusakan fungsi filtrasi glomerolus. Oleh karena itu perlu dilakukan pembatasan cairan yang ketat, efektif dan efesian untuk mencegah terjadinya komplikasi dengan upaya pemantauan intake dan output cairan. Penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan fluit intake output chart dan dibuktikan bahwa pemantauain ini efektif untuk menangani kelebihan volume cairan dibuktikan dengan tidak bertambahnya komplikasi yang terjadi pada pasien.

Long lasting habits of unhealthy diet in urban society is becoming one of hypertension risk factor. This disease has become a factor causing kidney damage, which can lead to chronic kidney failure. Chronic kidney failure patients commonly experience volume overload due to damage in glomerular filtration function. Hence, fluid restriction is needed as effective and efficient to prevent complication by monitoring fluid intake and output. This scientific writing uses case study method by using fluid intake-output chart to prove that this monitoring method is effective in handling fluid overload by looking at the occurrence of complication in patient.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Paulus Mandiara.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 93 pages : illustrations ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-22-75905219 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20521941