:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Dinamika Relasi Indonesia dan Belanda yang Tercermin dalam Fan Fiksi Fandom Hetalia: Axis Powers = The Dynamic of Indonesia and the Netherlands' Relation Reflected in Hetalia: Axis Powers Fanfictions

Almaz Scarletta Tjakrashafanti; Ibnu Wahyudi, supervisor; Ibnu Wahyudi, examiner; M. Yoesoef, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Era digitalisasi ikut mempengaruhi dunia sastra dengan hadirnya sastra siber ke dalam ranah sastra populer. Fan fiksi adalah karya penggemar atas karya yang sebelumnya sudah ada dan menjadi salah satu karya yang meramaikan dunia sastra siber. Penelitian ini membahas dinamika relasi antara Indonesia dan Belanda yang tercermin dalam karya-karya fan fiksi di fandom Hetalia: Axis Powers melalui tema yang muncul dan ekspresi tema tersebut dalam karya fan fiksi. Data penelitian ini adalah 37 karya fan fiksi dalam fandom Hetalia: Axis Powers yang ada di situs Archive of Our Own (AO3). Metode yang digunakan adalah studi dokumen atau kajian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah dinamika relasi Indonesia dan Belanda dapat dilihat dari tiga tema yang muncul dalam korpus, yaitu sejarah, romansa, dan isu psikologis. Dalam karya-karya tersebut, sejarah penjajahan Belanda menjadi hal yang mendasari relasi Indonesia dan Belanda. Dalam tema romansa, hubungan Indonesia dan Belanda menjadi sepasang kekasih yang saling mencintai. Dalam tema dengan isu psikologis, Indonesia dan Belanda memiliki trauma yang disebabkan perang penjajahan Belanda terhadap Indonesia.

Digitalization era has influenced literature world with the existence of cyber literature within the popular literature realm. Fanfiction is a work by a fan based on a particular media like novel, comic, TV series, etc. and is one of cyber literature’s works. This study discusses the relationship dynamic between Indonesia and the Netherlands which is reflected in the works of fanfictions from Hetalia: Axis Powers fandom through the emerging and the expression of the themes in fanfictions. The data for this study are 37 fanfictions from Hetalia: Axis Powers fandom on Archive of Our Own (AO3) website. The method used in this study is literature review. The result of this research is the relationship dynamic between Indonesia and the Netherlands could be seen through three majoring theme in Hetalia’s fanfictions such as history, romance, and psychological issue. Based on those fanfictions, the history of the Netherlands’ colonialism towards Indonesia is the basis of their relationship. In romance theme, Indonesia and the Netherlands becomes a couple in romantic relationship. In fanfictions with psychological issue, the Netherlands’ colonialism and their past war makes Indonesia and the Netherlands suffer from a war trauma.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Almaz Scarletta Tjakrashafanti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : iv, 23 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas : https://lib.ui.ac.id/unggah/
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-35335932 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20521949