:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peran direksi wanita dan manajemen laba terhadap keterbacaan laporan tahunan = The role of female directors and earnings management on annual report readability

Eva Oktavini; Elvia Rosantina Shauki, supervisor; Ratna Wardhani, examiner; Siti Nuryanah, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Penelitian ini dimotivasi oleh perhatian dari regulator dan akademisi mengenai tingkat keterbacaan laporan tahunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh dari direksi wanita dan manajemen laba terhadap keterbacaan laporan tahunan dan mengkaji peran mediasi dari manajemen laba. Keterbacaan laporan tahunan akan dilihat dari perspektif manajemen menggunakan FOG Index pada laporan analisa dan diskusi manajemen, sampel pada penelitian ini yaitu laporan tahunan periode 2015-2018 yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran dari direksi wanita mengurangi tindakan manajemen laba maka hal ini mengkonfirmasi teori yang digunakan yaitu gender socialization theory bahwa terdapat perbedaan tingkah laku dan sikap baik pria maupun wanita pada tempat kerja karena wanita cenderung lebih hati-hati, menghindari resiko dan bersikap etis, sementara hubungan manajemen laba dan direksi wanita terhadap keterbacaan laporan tahunan tidak terbukti. Hal ini menyiratkan bahwa direksi wanita di Indonesia masih belum mampu memberikan pengaruh langsung terhadap keterbacaan laporan tahunan, hal ini dimungkinkan mengingat bahwa persentase direksi wanita yang masih relatif sedikit dibandingkan dengan pria pada perusahaan publik di Indonesia, sementara sampel yang digunakan pada penelitian ini terbatas pada persentase direksi wanita dan tidak mengkaji dari sisi keahlian yang dimiliki.

This study was motivated by the concerns of regulators and academicians regarding the level of companies’ annual reports readability. The purpose of this study is to examine the influence of female directors and earnings management on the readability of the annual report while also examining the mediating role of earnings management. In particular, the readability of the company's annual report will be seen from the management perspective using the FOG index on annual report of companies listed on the Indonesia Stock Exchange during 2015-2018, (excluding the financial sector). This study concludes that the presence of female directors reduces earnings management practices undertaken by the compaies, this confirms with gender socialization theory that there are differences in the behavior and attitudes of both men and women at workspace as women tend to be more careful, risk averse and being more ethical, while the relationship between earnings management and female directors to the readability of the annual report is not proven. This implies that female directors in Indonesia have not been able to give a direct influence on the readability of the annual report, one possibility might be due to the composition of female directors which is still relatively small and the sample use in this study is limited to the presence of female directors by excluding their expertise.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Eva Oktavini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 49 pages : illustrations + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-24848797 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20522173