:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Adaptasi kualitas udara di ruang kelas pasca pandemi COVID-19: studi kasus Ruang Studio Arsitektur Universitas Indonesia = Air quality adaptation in classrooms post COVID-19 pandemic: case study: Architecture Studio Classroom, Universitas Indonesia

Satria Sutan Azhari; Ova Candra Dewi, supervisor; Widyarko, examiner; Intan Chairunnisa, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia pada awal tahun 2020 menyebabkan terhentinya berbagai kegiatan yang dilaksanakan di ruangan tertutup seperti pembelajaran di ruang kelas. Hal tersebut diakibatkan oleh penyebaran wabah yang menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi dan melalui perantara aerosol yang mengendap di udara yang memiliki kualitas yang kurang baik. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menanggulangi penyebaran virus adalah dengan meningkatkan kualitas Indoor Air Quality (IAQ) di dalam ruangan. Tulisan ini dibuat bertujuan untuk mengkaji aspek apa saja yang perlu diperhatikan di dalam Ruang Studio Mahasiswa Arsitektur di Universitas Indonesia dalam rangka beradaptasi dengan pandemi COVID-19 terkait kualitas pengudaraan. Penulisan ini diawali dengan peninjauan berbagai literatur yang memiliki keterkaitan dengan pembahasan, kemudian dilanjutkan dengan melihat dan mengambil data ruang Kelas Studio serta menguji berbagai jenis kombinasi adaptasi pengudaraan yang sudah dan akan diterapkan di dalam ruang studio Departemen Arsitektur Universitas Indonesia. Hasil dari pengamatan kemudian diolah dan kemudian didapatkan kombinasi adaptasi yang terbaik untuk menghadapi COVID-19 di dalam ruangan Studio Departemen Arsitektur Universitas Indonesia.

The COVID-19 pandemic that hit the world at the beginning of 2020 caused the cessation of various activities carried out in closed rooms such as learning in classrooms. This is caused by the spread of the virus through direct contact with infected people and through aerosols that settle in the air of poor quality. One of the ways that can be taken to overcome the spread of the virus is to improve the quality of Indoor Air Quality (IAQ) in the room. This writing examines aspects that need to be considered in the Architecture Student Studio at the Universitas Indonesia to adapt to the COVID-19 pandemic related to air quality. This writing begins with a review of various literature related to the discussion, then proceeds with viewing and retrieving Studio Classroom data and testing various types of combinations of air adaptations that have been applied in the Architecture Student Studio at the Universitas Indonesia. The results from the observations were then processed, and the best combination will be used for COVID-19 prevention in the studio.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Satria Sutan Azhari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 61 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-39754230 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20523043