:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Faktor-faktor Yang Berhubungan dengan Tingkat Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Epilepsi di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit di Jakarta = Factors Related To The Level Of Medication Adherence In Epilepsy Patients In The Outpatient Unit Of A Hospital In Jakarta

Rudi Hadi Suwarno; I Made Kariasa, supervisor; Prima Agustia Nova, examiner; Chiyar Edison Sunarya, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Epilepsi merupakan penyakit neurologis yang menyerang segala usia. Diperlukan pengobatan jangka panjang untuk mencegah kekambuhan. Kepatuhan adalah hal yang penting dalam pengobatan epilepsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepatuhan minum obat pada pasien epilepsi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan desain crossectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 102. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner kepatuhan, kuesioner pengetahuan, kuesioner dukungan keluarga, kuesioner ketersediaan sarana dan fasilitas kesehatan, kuesioner, keyakinan, dan kuesioner motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan minum obat masih rendah (49%). Analisis dengan chi square didapatkan ada hubungan antara jenis kelamin (p=0,003), ketersediaan sarana dan fasilitas kesehatan (p=0.036), dan keyakinan (p=0,038) dengan kepatuhan minum obat. Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlunya meningkatkan edukasi dan pemberian informasi mengenai penyakit dan pengobatan terhadap pasien epilepsi.

Epilepsy is a neurological disease that affects all ages. Long-term treatment is needed to prevent recurrence. Adherence is important in the treatment of epilepsy. The purpose of this study was to determine the description of medication adherence in epilepsy patients and the factors that influence it. The method used is descriptive analytic with a cross-sectional design. The number of samples in this study was 102. The measuring instruments used were compliance questionnaires, knowledge questionnaires, family support questionnaires, questionnaires on the availability of health facilities and facilities, questionnaires, beliefs, and motivation questionnaires. The results showed that the level of adherence to taking medication was still low (49%). Chi-square analysis showed that there was a relationship between gender (p=0.003), availability of health facilities and facilities (p=0.036), and confidence (p=0.038) with medication adherence. The recommendation from this study is the need to increase education and provide information about the disease and treatment of epilepsy patients.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Rudi Hadi Suwarno.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 57 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-80937067 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20523356