:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Rekonstruksi Maskulinitas K-Pop Idol BTS: Reception Analysis BTS ARMY Terhadap Musik dan Konten BTS = Masculinity Reconstruction by K-Pop Idol BTS: BTS ARMY’s Reception Analysis Towards BTS’s Musics and Contents

Jasmine Qurrota Ayuni Perwiradmoko; Pakasi, Diana Teresa, supervisor; Endah Triastuti, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemaknaan dari BTS ARMY terhadap rekonstruksi maskulinitas yang dilakukan oleh K-Pop Idol BTS. Studi-studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa K-Pop Male Idol merekonstruksi maskulinitas dan rekonstruksi maskulinitas oleh K-Pop Male Idol tersebut dikonsumsi oleh para penggemar perempuan. Namun, dalam studi-studi tersebut masih belum menjelaskan mengenai pandangan maupun pemaknaan para penggemar tersebut mengenai rekonstruksi maskulinitas yang terjadi, terutama jika dikontekskan pada konstruksi maskulinitas di Indonesia. Penelitian ini berargumen bahwa beragam produk budaya populer Korea atau Hallyu, yang dalam konteks penelitian ini adalah musik dan konten BTS yang tersebar melalui berbagai media digital, yang menampilkan konstruksi maskulinitas yang berbeda dari konstruksi maskulinitas yang hegemonik di masyarakat Indonesia, yang pada akhirnya mampu membuat BTS ARMY menegosiasikan pemaknaan maskulinitas yang berbeda dengan maskulinitas hegemonik di masyarakat mereka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan reception analysis pada konten BTS dengan cara melakukan wawancara mendalam pada BTS ARMY terkait dengan image maskulinitas BTS yang dibawakan melalui konten-konten yang diproduksinya. Hasil temuan menemukan bahwa BTS menampilkan rekonstruksi maskulinitas dengan mematahkan norma yang selama ini ada pada maskulinitas yang menghegemoni, dengan cara mereka berpenampilan dan berperilaku melalui musik dan kontennya yang tersebar melalui berbagai media digital. Terkait dengan rekonstruksi tersebut BTS ARMY mendapatkan pemahaman baru mengenai konsep maskulinitas yang berbeda dari maskulinitas hegemonik yang ada di masyarakatnya.

This study have an aim to see the reception analysis from BTS ARMY towards the reconstruction of masculinity that BTS do. The previous studies showed that the K-Pop Male Idol have reconstructed the meaning of masculinity, and also see how the masculinity reconstruction that the K-Pop Male Idol did has been consumed by the fangirls. However, those studies have not explained about how the fangirls point of view about the reconstruction of masculinity, especially if it is contexted in Indonesia’s masculinity construction. This study argues that the various product of Korean popular culture or Hallyu, which in the context of this research is BTS’s musics and content that is spread through a lot of digital media, that shows masculinity construction which different from the hegemonic masculinity construction in Indonesian society, which in the end is able to make BTS ARMY negotiate the meaning of the masculinity that is different from their society’s hegemonic masculinity. The research method is a qualitative approach by conducting a reception analysis to the BTS content by conducting an indepth interviews to BTS ARMY related to the BTS masculinity image that is delivered through the content that they produced. The findings found that, BTS showing a reconstruction of masculinity by breaking the norms which in all this time exist in the hegemonic masculinity, by how the way they look and behaving through their musics and contents which was spread through various digital media. So by through it, the informant ARMY precisely gain a new comprehension about masculinity concept which is different than the hegemonic masculinity that exists in their society.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Jasmine Qurrota Ayuni Perwiradmoko.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xix, 242 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-77860660 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20523409