Saat ini sekolah berbasis kurikulum internasional sangat berkembang di Indonesia, khususnya Jakarta, salah satunya adalah kurikulum IB. Untuk dapat bersaing di era kemajuan teknologi yang berkembang pesat, sebuah sekolah juga harus meningkatkan kualitas perpustakaan sebagai fasilitas penyedia sumber informasi untuk menunjang belajar mengajar dan juga pustakawan sebagai ahli informasi. Dengan adanya hal tersebut, maka sekolah memerlukan seorang Pustakawan-guru. Adapun peran Pustakawan-guru, antara lain Pustakawan-guru sebagai pemimpin kurikulum, Pustakawan – guru sebagai guru, , Pustakawan guru sebagai ahli informasi dan Pustakawan guru sebagai penyelenggara program.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran strategis Pustakawan-guru dalam implementasi kurikulum IB (International Baccalaureate) Diploma, menganalisa Pustakawan-guru sebagai agent dengan menerapkan teori struktur Anthony Giddens, menganalisis peran Pustakawan-guru sebagai agent yang memiliki kekuatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan informan utama Pustakawan-guru di Sampoerna Academy L’Avenue Campus.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pustakawan-guru memiliki peran strategis di dalam kurikulum IB Diploma. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum IB Diploma memiliki dampak yang significant terhadap peran pustakawan guru. 10 point yang terdapat pada IB Learner Profile, merupakan tujuan dari kurikulum tersebut yang harus diwujudkan oleh komunitas pembelajaran IB termasuk Pustakawan-guru. Dengan menerapkan teori Struktur Anthony Giddens, penelitian ini menunjukkan bahwa Pustakawan guru memiliki Resources dan Rules yang memadai baik Internal dan Eksternal sehingga yang bersangkutan menjadi agen yang memiliki kekuatan dan dapat melakukan perubahan melalui inovasi At present, international curriculum based schools are highly developed in Indonesia, especially Jakarta, one of which is the IB curriculum. To be able to compete in an era of rapidly developing technological advancements, a school must also improve the quality of libraries as facilities for providing information resources to support teaching and learning and also librarians as information experts. With this, the school needs a Librarian-teacher. As for the role of the Librarian-teacher, among other things, the Librarian-teacher as curriculum leader, Librarian-teacher as teacher, Librarian teacher as information expert and Librarian Teacher as program organizer.This research aimed to identify the strategic role of Librarians-teachers in the implementation of the IB (International Baccalaureate) Diploma curriculum, analyze Librarians-teachers as agents by applying Anthony Giddens structural theory, analyze the role of Librarians-teachers as agents who have power. This research used a qualitative research method with a case study approach with the main informant-Librarian teacher at the Sampoerna Academy L 'Avenue CampusThe results of this research indicated that Librarians have a strategic role in the IB Diploma curriculum. The conclusion of this research showed that the application of the IB Diploma curriculum has a significant impact on the role of teacher librarians. The 10 points contained in the IB Learner Profile, are the objectives of the curriculum that must be realized by the IB learning community including Librarians-teachers. By applying Anthony Giddens Structure theory, this research showed that librarians teacher have adequate resources and rules both internally and externally so that they become agents who have the power and can make changes through innovation |