:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Representasi Motherhood dalam film 'Blood Red Sky' = Motherhood Representation in the film 'Blood Red Sky'

Putri Aisya; Lisda Liyanti, supervisor; Maria Regina Widhiasti, examiner; Dias Rifanza, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Permasalahan terhadap standar yang dibebankan kepada perempuan masih kerap terjadi dan dialami banyak perempuan di dunia. Salah satunya standar menjadi Ibu yang baik. Konsep motherhood ini telah menciptakan berbagai standar bahwa ibu yang baik adalah ibu yang memenuhi konsep tersebut. Ada beberapa tindakan dan perilaku yang dianggap menggambarkan kepribadian seorang perempuan, sebagai ibu yang memiliki konsep keibuan dengan baik. Sebagai representasi dari dunia nyata, beberapa film mengusung konsep tersebut ke dalam filmnya. Salah satunya film besutan negara Jerman berjudul “Blood Red Sky” yang bercerita tentang pembajakan pesawat dan konflik adanya vampir di dalam pesawat tersebut. Di tengah konflik adanya vampir dan pembajakan, terdapat cerita tentang perjuangan seorang ibu dalam melindungi anaknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teori semiotika Roland Barthes untuk menganalisis lebih dalam terkait beberapa hal yang menunjukkan adanya konsep keibuan dalam film tersebut. Fokus penelitian ini terletak pada bentuk-bentuk konsep perlindungan seorang ibu terhadap anaknya, dan usaha-usaha seorang ibu dalam menekan ego dari dirinya untuk melindungi anaknya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan konsep keibuan yang ditampilkan dalam film dan usaha seorang ibu dalam menjaga anaknya.

The problem with standard that was given to women is still commonly happening and experienced by many women in the world. One of them being the standard of being a good mother. The motherhood concept itself has created many standard that a good mother is a mother who fulfills those standard. There are some actions and mannerism that was believed to be representation of how a good woman should act as a good mother. As a representation of real world, some films director took these concepts into their films. One of those films is a german-produced film titled 'Blood Red Sky', that tells us a story about a plane hijacking and a vampire problem that ensues while that happens. Between those two things, there is also a plotline of a mother's attempt to protect her child no matter what. This research is done with the qualitative method using Roland Barthes' theory of semiotics. This Research focus on the many concept of a mother's protection towards her child and the struggles of a mother to push away her own ego to protect her child. This research will show the Motherhood concept and how it is portrayed in this film as well as how a mother struggles to keep her child safe.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Putri Aisya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 31 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-22-70864234 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20524069