:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pertemuan Budaya: Interaksi Intern terhadap Beneficiaries, Officer, dan Sponsor melalui Pengalaman Magang di PJI = Cultural Encounter: Intern Interaction with Beneficiaries, Officers, and Sponsors through Internship Experiences at PJI

Izzatul Mu’minah; Imam Ardhianto, supervisor; Lumenta, Dave, examiner; Rhino Ariefiansyah, examiner; Hestu Prahara, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Pemberdayaan komunitas pada umumnya dilakukan oleh Lembaga Non Profit yang beroperasi dengan dukungan pihak sponsor dalam pengimplementasian program untuk memberdayakan para penerima manfaat. PJI merupakan salah satu Lembaga Non Profit yang beroperasi di Indonesia dengan tujuan memfasilitasi proses pembelajaran dan pelatihan melalui pendidikan kewirausahaan, kesiapan kerja, dan literasi keuangan tanpa mencari keuntungan dalam pelaksanaannya. Proses pemberdayaan komunitas di PJI melibatkan para pekerja yang disebut sebagai officer, penerima manfaat yang disebut sebagai beneficiaries, dan perwakilan sponsor. Nilai yang ingin dikembangkan oleh PJI dan sponsor dalam pemberdayaan komunitas adalah memunculkan kemandirian dan keberlanjutan bagi para penerima manfaat, sebaliknya penerima manfaat tidak memiliki kewajiban untuk berkontribusi terhadap PJI dan sponsor setelah program berakhir. Pada dasarnya, aktor-aktor yang terlibat di PJI memiliki pengetahuan yang berbeda sehingga berdampak pada kepemilikan nilai setiap aktor. Perbedaan nilai yang dimiliki oleh aktor yang terlibat dalam program PJI menunjukkan tidak adanya nilai yang universal. Makalah ilmiah ini akan membahas refleksi diri melalui pengalaman saya dalam memperoleh pengetahuan dan menunjukkan perbedaan nilai yang menghasilkan pertemuan budaya dalam interaksi saya dengan tiga aktor PJI. Metode yang digunakan dalam makalah ilmiah ini adalah autoetnografi yang didasarkan pada refleksi diri dan pembelajaran sehingga data yang diperoleh sepenuhnya berasal dari pengalaman magang saya di PJI. Melalui pengalaman menjalani magang sebagai program officer intern di PJI, saya menyatakan bahwa perbedaan nilai dan pengetahuan antar aktor mencerminkan sebuah pertemuan budaya yang mempengaruhi proses bekerja, pergantian peran, dan hubungan sosial aktor-aktor yang terlibat dalam program PJI.

Community development is generally held by non-profit institutions with the support of sponsors in implementing programs to empower beneficiaries. PJI is one of the non-profit institutions operating in Indonesia to facilitate learning and training through entrepreneurship education, job readiness, and financial literacy without seeking profit in their implementation. The community development process at PJI includes workers who are referred to as officers, beneficiaries, and sponsor representatives. The value that PJI and sponsors want to develop in community development is to build independence and sustainability for the beneficiaries. On the other hand, beneficiaries have no obligation to contribute to PJI and sponsors after the program ends. The actors involved in PJI have different knowledge so it has an impact on the ownership value of each actor. The different values of the actors involved in the PJI program show that there is no universal value. This paper will discuss self-reflection through my experiences in gaining knowledge and pointing out the differences in values that resulted in a cultural encounter in my interactions with the three PJI actors. The method used in this paper is autoethnography which is based on self-reflection and learning, and the data obtained are entirely derived from my internship experience at PJI. Through the experience of undergoing an internship as a program officer intern at PJI, I state that the differences in values and knowledge between actors reflect a cultural encounter that affects the work process, role change, and social relations of the actors involved in the PJI program.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Izzatul Mu'minah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : viii, 44 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-23-90050859 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20525098