:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Metafora Penamaan Warna Cat Tembok = Metaphor of Color Naming on Wall Paint

Ayu Nur Fazza; Letmiros, Abdul Muta’ali, examiner; Sonya Puspasari Suganda, examiner; Filia, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Nama-nama warna dalam produk cat tembok memiliki fungsi sebagai tanda untuk membedakan dengan warna-warna yang ada. Selain itu, nama-nama warna yang dipakai tidak serta-merta untuk membedakan saja tetapi juga memberikan makna dan menggambarkan suasana yang ingin disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap makna metafora serta jenis dari nama-nama warna dan mekanisme dalam pembuatan nama-nama warna yang ada dalam produk cat tembok. Sumber data dan data dari penelitian ini adalah nama-nama warna dari produsen cat merek Propan Raya dan Avian Brands. Analisis dilakukan dengan cara menguraikan nama-nama warna dan dikelompokkan ke jenis metafora konseptual milik Lakoff dan Johnson (2003). Selanjutnya, dilakukan pengamatan metafora yang didapat dari analisis sebelumnya untuk melihat mekanisme kognitif yang melatarbelakangi penamaan warna-warna  menggunakan teori oleh Mendoza (2011). Hasil yang ditemukan adalah metafora orientasional digunakan dalam penamaan warna mendasarkan pada gelap terangnya warna. Penamaan warna menggunakan metafora ontologi mendasarkan pada suasana yang diungkapkan dari warna. Metafora struktural dalam penamaan warna mendasarkan pada warna yang menyerupai dari objek konkret. Mekanisme kognitif yang ditemukan bahwa penamaan warna menggunakan mekanisme korelasi dan komparasi.

The names of colors in wall paint products that have a function as a sign to distinguish them from existing colors. In addition, the names of the colors used are not only used to distinguish them but also give meaning and describe the atmosphere to be conveyed. The purpose of this research is to reveal the meaning of metaphors as well as the types of color names and the process in making the names of colors in wall paint products. Sources of data and data from this research are the names of colors from paint manufacturers Propan Raya and Avian Brands. The analysis was carried out by outlining the names of colors and grouping them into the type of conceptual metaphor belonging to Lakoff and Johnson (2003). Furthermore, the metaphorical observations obtained from the previous analysis were carried out to see the cognitive mechanisms behind the naming of colors using the theory by Mendoza (2011). The results show that orientational metaphors are used in naming colors based on the lightness of the color. Color naming uses a metaphorical ontology based on the mood of the color. Structural metaphors in naming colors are based on colors that resemble concrete objects. The cognitive mechanism found is that color naming uses correlation and comparison processes.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Ayu Nur Fazza.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 110 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-00670733 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20525277