:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis Penempatan Dan Kinerja Personel Polri Pada Jabatan Kaurkeu Dengan Status Pemangku Sementara (Ps) Pada Satuan Kerja Di Polda Kaltara = The Analysis Of Performance And Placement Process Of Polri Personnel On Kaurkeu Position As The Temporary Stakeholders At Work Units At Polda Kaltara

Faesal Rachmat; Eko Prasojo, supervisor; Salomo, Roy Valiant, examiner (Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa terhadap proses penempatan serta melihat bagaimana kinerja personel yang menempati jabatan Kaurkeu dengan status pemangku sementara (PS). Rujukan teori yang digunakan dalam penelitiam ini adalah teori penempatan yang dikemukakan oleh Mathis dan Jackson (2010) serta teori kinerja akan merujuk pada teori yang dikemukakan oleh Robbins dan Judge (2017). Dalam penelitian ini digunakan pendekatan post positivist. Penelitian ini menggunakan wawancara dan teknik dokumentasi dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan penempatan pada jabatan Kaurkeu pada satker Polda Kaltara belum memperhatikan secara penuh matching process (proses pencocokan) antara faktor individu dan karakteristik pekerjaan yang disebabkan kurangnya pilihan personel yang ditempatkan pada jabatan tersebut. Penempatan yang dilaksanakan hanya berdasar rekomendasi dari Kasatker yang diberikan dengan melihat konsep/nilai diri dan sifat dari personel yang diperoleh dari pengamatan atas perilaku kerja sehari-hari. Sedangkan terkait dengan kinerja diketahui jika kinerja individu para personel tersebut tidak terpengaruh oleh ketidaksesuaian persyaratan kepangkatan sebagaimana yang ditetapkan aturan. Dukungan sosial dalam bentuk bimbingan teknis menjadi faktor penting yang menunjang kinerja yang positif dari personel tersebut. Kinerja individu tersebut akhirnya juga mempengaruhi kinerja organisasi khususnya yang terkait dengan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan.

This study aims to analyze the placement process and see how the performance of personnel who occupy the Kaurkeu position with temporary stakeholder status (PS). The theoretical reference used in this research is the placement theory proposed by Mathis and Jackson (2010) while performance will refer to the theory put forward by Robbins and Judge (2017). This study uses interviews and documentation techniques in data collection. The results showed that the placement in the Kaurkeu position at the Polda Kaltara did not fully pay attention to the matching process between individual factors and job characteristics due to the lack of choice of personnel assigned to the position. The placement is carried out only based on the recommendation from the Kasatker given by looking at the self-concept ​​and traits of the personnel obtained from observations of daily work behavior. Meanwhile, related to performance, it is known that the individual performance of the personnel is not affected by the discrepancy with the rank requirements. Social support in the form of technical guidance is an important factor that supports the positive performance of these personnel. The individual's performance ultimately also affects the performance of the organization, especially those related to accountability and transparency in financial management.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Faesal Rachmat.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 139 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-24854539 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20525561