:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi Meningkatkan Pengetahuan Lingkungan Pada Siswa untuk Mencegah Konflik dengan Orangutan = Strategies to Increase Environmental Knowledge in Students to Mitigating Orangutan Conflict

Regina Septiarini; Herdis Herdiansyah, supervisor; Jamal Gawi, supervisor; Evi Frimawaty, examiner; Jatna Suprijatna, examiner (Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Pengetahuan lingkungan sangat diperlukan dalam memitigasi kerusakan lingkungan. Masalah pada riset ini adalah kurang sadarnya masyarakat menjaga orangutan yang merupakan bagian dari biodiversitas, hal penting yang menjadi fokus pada riset ini.. Tingginya tingkat konflik antara manusia dengan orangutan merupakan ancaman terhadap turunnya populasi orangutan. Tujuan riset ini adalah menyusun strategi  pengetahuan lingkungan dengan arus utama hidup berdampingan antara manusia dengan orangutan berdasarkan kasus penembakan 74 peluru kepada orangutan di Kota Subulussalam, Provinsi Aceh. Metode yang digunakan pada pengumpulan data adalah wawancara dan Focus Group Discussion (FGD). Analisis yang digunakan adalah SWOT kualitatif. Strategi pengetahuan lingkungan untuk melindungi hutan dan isinya perlu didukung penuh oleh  masyarakat, NGO dan pemerintah melalui pelatihan dan muatan lokal. Kesimpulan riset ini adalah strategi pengetahuan lingkungan yang menarik dan tepat dapat meningkatkan kesadaran berperilaku baik dan beretika kepada alam, hutan dan isinya sehingga dapat menekan konflik antara manusia dengan orangutan.

Environmental knowledge is very necessary in mitigating environmental damage. The problem in this research is lack of people awareness on the important of biodiversity conservation, including orangutans. The high level of conflict between humans and orangutans is a threat to the survival of the orangutan population. The purpose of this research is to develop an environmental knowledge strategy by maintreming the coexistence between humans and orangutans. The methods used in data collection were interviews and Focus Group Discussion (FGD). The analysis used is a qualitative SWOT. Environmental knowledge strategies to protect forests and their contents need to be fully supported by the community, NGO and the government through training, and local content. The conclusion of this research is that an attractive and appropriate environmental knowledge strategy can increase awareness of good and ethical behavior towards nature, forests and their contents so that it can reduce conflicts between humans and orangutans.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Regina Septiarini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdcarrier)
Deskripsi Fisik : xviii, 99 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-83902199 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20525572