:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Perawatan Preventif dan K3l Pengoprasian pada Ketel Uap Produksi PT. Neei = Preventive Maintenance and Operating Hse Boiler in Production PT. Neei

Brian Handhar Beni; Sutrasno Kartohardjono, supervisor; Jaka Fajar Fatriansyah, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Dalam sistem pemanas yang digunakan di industri, ada beberapa sistem salah satunya sistem pemanas uap. Pada sistem pemanas uap, alat yang digunakan untuk membuat yaitu ketel uap. Ketel uap adalah sebuah alat untuk memproduksi uap panas bertekanan yang melalui proses pemanasan air hingga mendidih. Untuk membuat air menjadi mendidih diperlukan proses pembakaran. Dalam praktik keinsinyuran ini, membahas tentang perawatan ketel dan K3L pengoprasian ketel. Dalam perawatan preventif dan K3L peongoprasian ini bertujuan menghemat biaya perawatan bulanan, mencegah kerusakan unit, dan mencegah terjadinya bahaya dalam pengoprasian ketel. Beberapa bagian yang harus di analisa dalam perawatan yaitu air umpan, bahan bakar dan komponen ketel. Dan K3L dalam pengoprasian harus diperhatikan karna masi banyak kasus kecelakaan yang terjadi akibat dari kurangnya pelindung diri, sistem keamanan yang kurang, dan unit ketel yang kurang keamanannya. Hasil analisa praktek keinsinyuran ini didapat dari data kualitas air dan kinerja pada setiap komponen ketel. Serta untuk K3L pengoprasiannya dilihat dari sistem operasionalnya dan keamanannya. Agar terhindar dari kecelakaan kerja pada operasional.

Several heating systems are used in the industry, one of which is the steam heating system. In this system, the tool used to create the steam is a boiler. A steam boiler is a tool to produce pressurized hot steam, which goes through the water heating process until it is evaporated. A combustion process is needed to create boiled water. This study discusses the maintenance of boiler and security, safety, health, and environment related to the boiler operation. The preventive maintenance and safety measures for boiler operation are performed to minimize operational costs, prevent unit damages, and prevent any potential hazards in operating the boiler. In addition, the safety measures should be conducted under tight supervision as many accidents occur due to a lack of personal protection, minor security systems, and an unsafe boiler unit. The results are obtained from the water quality data and the performance of the boiler’s components. Also, for the safety measures, the operational and safety systems are appropriately monitored to avoid work accidents during operation.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Brian Handhar Beni.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 39 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-22-34813807 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20525904