:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Unsur Al-Ma'aaniy & Nilai-Nilai Agama Islam dalam Syair "Da`il Ayyaam Taf`alu Maa Tasyaa" Karya Imam Asy Syafi'i = Elements of Al-Ma'aaniy & Islamic Religious Values in the Poem "Da`il Ayyaam Taf`alu Maa Tasyaa" By Imam Asy Shafi'i

Irvanda Dzulka Rahman; Muhammad Luthfi Zuhdi, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Imam Asy Syafi`i di masyarakat Indonesia pada umumnya terkenal sebagai ulama yang ahli dalam bidang fiqh. Kebanyakan orang tidak tahu bahwa Imam Asy Syafi`i juga ahli di bidang sastra. Syair yang ditulisnya memiliki makna dan nilai-nilai yang tentunya memiliki manfaat bagi yang mendengarnya. Maka, pada penelitian ini akan membahas salah satu syair karangan Imam Asy Syafi`i dari segi makna dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. permasalahan yang akan dibahas adalah apa saja unsur al-ma`aaniy yang terkandung di dalam syair dan apa saja nilai-nilai agama islam yang ada dalam syair tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui unsur al-ma`aaniy dan nilai-nilai yang terkandung dalam syair. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan teori balaghah yang difokuskan pada unsur al-ma`aaniy untuk mengkaji makna dalam syair, sedangkan untuk mengkaji nilai-nilai yang terkandung dalam syair menggunakan teori etika religius. Hasil yang didapat adalah makna dalam syair yang dikaji mengandung pengetahuan tentang kehidupan di dunia, peringatan dan nasihat. Syair tersebut mengandung etika religius karena menyampaikan perbuatan yang secara moral diperintahkan atau dilarang yang berlandaskan dari konsepsi Al-Quran dan Hadist.

Imam Asy Syafi`i in Indonesian society is generally known as a scholar who is an expert in the field of fiqh. Most people do not know that Imam Asy Shafi`i is also an expert in the field of literature. The poems he writes have meanings and values ​​that certainly have benefits for those who hear them. So, in this study, we will discuss one of the poems by Imam Asy Syafi`i in terms of the meaning and values ​​contained in it. The problem to be discussed is what are the elements of al-ma`aaniy contained in the poem and what are the Islamic religious values ​​contained in the poem. The purpose of this study was to determine the elements of al-ma`aaniy and the values ​​contained in the poem. The method used in this study is a qualitative research method. The data collection technique used in this research is a literature study. This study uses the balaghah theory which focuses on the al-ma`aaniy element to examine the meaning in the poem, while to examine the values ​​contained in the poem using the theory of religious ethics. The results obtained are the meanings in the poems studied contain knowledge about life in the world, warnings and advice. The poem contains religious ethics because it conveys actions that are morally ordered or prohibited based on the conception of the Qur'an and Hadith.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Irvanda Dzulka Rahman.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 32 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-23-40868688 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20526060