:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis Kebutuhan Pelatihan untuk Memenuhi Kompetensi Manajer di RS Hermina Karawang = Training Need Analysis to Fulfill Managers Competencies at Hermina Karawang Hospital

Shita Hayyuning Astiti; Yaslis Ilyas, supervisor; Ascobat Gani, examiner; Wahyu Sulistiadi, examiner; Susi Setiawaty, examiner (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Kompetensi menjadi salah satu hal yang penting bagi para pemimpin pelayanan kesehatan menjalankan fungsi manajemennya, dan salah satu cara mencapai kompetensi adalah dengan melakukan pelatihan. RS Hermina Karawang telah melakukan pelatihan-pelatihan yang ditujukan kepada para manajer sejak awal berdirinya di tahun 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan pelatihan untuk memenuhi kompetensi manajer di RS Hermina Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan ACHE 2020 competencies assessment tool yang diisi oleh 10 manajer RS Hermina Karawang dan pengisiannya didampingi oleh peneliti, kemudian dilanjutkan dengan observasi dokumen terkait, wawancara mendalam, dan akhirnya memutuskan rekomendasi bagi RS Hermina Karawang melalui FGD yang dilakukan dengan beberapa informan tertentu. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa rumah sakit melakukan analisis kebutuhan pelatihan berdasarkan penilaian atasan dan pemenuhan kewajiban jam diklat yang telah ditentukan oleh korporasi. Selain itu didapatkan kompetensi para manajer menurut ACHE 2020 masih ada yang belum kompeten, yaitu pada topik kompetensi komunikasi dan manajemen relasi serta topik keterampilan dan pengetahuan bisnis. Namun telah kompeten dalam topik kompetensi kepemimpinan, profesionalitas, dan pengetahuan lingkunan pelayanan kesehatan. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini para manajer membutuhkan pelatihan-pelatihan di bidang komunikasi dan manajemen relasi serta keterampilan dan pengetahuan bisnis dan diprioritaskan pelatihan dengan nilai rerata terendah. Pelatihan dalam topik kompetensi keterampilan dan pengetahuan bisnis adalah pelatihan dalam hal manajemen keuangan dan manajemen SDM, sedangkan pelatihan dalam topik kompetensi komunikasi dan manajemen relasi adalah pelatihan dalam hal fasilitasi dan negosiasi. Untuk rekomendasi jangka panjang sebaiknya RS Hermina Karawang menggunakan ACHE competencies assessment tool untuk memperkaya tool yang telah dipakai yang bisa digunakan untuk menganalisis kompetensi dan tentunya kebutuhan pelatihan sesuai dengan kebutuhan para manajer.

Competence is one of the important things for health service leaders to carry out their management functions, and one way to achieve competence is to conduct training. Hermina Karawang Hospital has conducted trainings aimed at managers since its inception in 2020. The purpose of this study was to determine the training needs to meet the competence of managers at Hermina Karawang Hospital. This research is analytical descriptive research with a qualitative approach using the ACHE 2020 competencies assessment tool filled out by 10 managers of Hermina Karawang Hospital and filled in accompanied by researchers, then continued with observations of related documents, in-depth interviews, and finally decided on recommendations for Hermina Karawang Hospital through FGDs conducted with certain informants. The results of this study found that the hospital conducted an analysis of training needs based on the assessment of superiors and the fulfillment of training hour obligations that had been determined by the corporation. In addition, the competence of managers according to ACHE 2020 is still incompetent, namely on the topic of communication and relationship management competencies as well as the topic of business skills and knowledge. However, he has been competent in the topics of leadership competence, professionalism, and knowledge of the health care environment. So that the conclusions in this study managers need training in the field of communication and relationship management as well as business skills and knowledge and prioritize training with the lowest average value. Training in the topic of competence of business skills and knowledge is training in terms of financial management and HR management, while training in the topic of competence of communication and relationship management is training in terms of facilitation and negotiation. For long-term recommendations, Hermina Karawang Hospital should use the ACHE competencies assessment tool to enrich the tools that have been used that can be used to analyze competencies and of course training needs according to the needs of managers.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Shita Hayyuning Astiti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 89 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-35417702 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20526211