Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi atas prosedur pengakuan pendapatan yang dilakukan oleh KAP MRA terhadap kontrak PT BLN dengan pelanggan yang dilakukan pada tanggal 31 Desember 2021. PT BLN adalah sebuah perusahaan penyedia jasa telekomunikasi, informatika, dan jasa teknologi konvergensi di Indonesia. Prosedur pengakuan pendapatan ini dilakukan khusus untuk kontrak atas layanan Business-to-Business, yang berarti pelanggan PT BLN adalah perusahaan atau organisasi. Prosedur pengakuan pendapatan yang dilakukan terdiri dari lima tahap, yaitu identifikasi kontrak dengan pelanggan, identifikasi kewajiban pelaksanaan dalam kontrak, menentukan harga transaksi, mengalokasikan harga transaksi, dan pengakuan pendapatan ketika kewajiban telah terlaksana. Metode pelaksanaan kelima tahap ini didasarkan kepada PSAK 72. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur pengakuan pendapatan kontrak dengan pelanggan telah sesuai standar yang berlaku. Standar yang berlaku tersebut adalah PSAK 72 yang membahas mengenai lima tahap pengakuan pendapatan kontrak dengan pelanggan, yaitu identifikasi kontrak dengan pelanggan, identifikasi kewajiban pelaksanaan dalam kontrak, menentukan harga transaksi, mengalokasikan harga transaksi, dan pengakuan pendapatan. Selain evaluasi, laporan ini juga berisi refleksi diri selama kegiatan magang beserta rencana tindak lanjut dalam rangka memperbaiki dan mengembangkan diri di masa depan This internship report discusses the evaluation of the revenue recognition procedure carried out by KAP MRA on PT BLN's contracts with customers which was carried out on December 31, 2021. PT BLN is a provider of telecommunications, informatics, and convergence technology services in Indonesia. This revenue recognition procedure is carried out specifically for contracts for Business-to-Business services, which means that PT BLN's customers are companies or organizations. The revenue recognition procedure consists of five stages, namely identification of contracts with customers, identification of performance obligations in the contract, determining the transaction price, allocating the transaction price, and recognizing revenue when the obligation has been fulfilled. The implementation method for these five stages is based on PSAK 72. The evaluation results show that the procedure for recognizing contract revenue with customers is in accordance with applicable standards. The applicable standard is PSAK 72 which discusses the five stages of revenue recognition for contracts with customers, namely identification of contracts with customers, identification of performance obligations in contracts, determining transaction prices, allocating transaction prices, and revenue recognition. In addition to evaluation, this report also contains self-reflection during the internship as well as follow-up plans in order to improve and develop themselves in the future. |