Sejak diluncurkannya Facebook, orang-orang di seluruh dunia dapat berinteraksi dengan orang lain, menjaga baik hubungan, berbagi pengalaman hidup, dan mengungkapkan pendapat mereka. Diperkirakan lebih dari 1 miliar orang menggunakan Facebook sebagai platform jejaring sosial mereka (Labrague, 2014). Studi menunjukkan, sebagian besar mahasiswa memanfaatkan Facebook untuk sehari-hari. Maka dari itu, orang yang bergabung dengan Facebook menggunakanya untuk banyak hal, termasuk untuk menghabiskan waktu, menyebarkan informasi, dan bertemu orang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan Facebook, harga diri, kecemasan dan ketakutan kehilangan. Kami merekrut 852 peserta dari komunitas menggunakan penyebaran survei online dan diminta untuk mengisi survei selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Hasilnya menemukan bahwa harga diri berkorelasi positif dengan penggunaan Facebook. Namun, kecemasan ditemukan berkorelasi negatif dengan penggunaan Facebook. Sementara itu, rasa takut ketinggalan ditemukan tidak terkait secara signifikan dengan penggunaan Facebook. Oleh karena itu, individu dengan kesejahteraan psikologis yang positif cenderung lebih banyak menggunakan Facebook. Since the launch of Facebook, people around the world have been able to interact with other, maintain relationship, share experience, and express their opinions. It is estimated over 1 billion people use Facebook as their social-networking platform (Labrague, 2014). Furthermore, a study showed that most college students utilise Facebook. Thus, People join Facebook for a variety of reasons, including to pass the time, spread information, and meet people. This study aimed to investigate the relationship between Facebook use, self-esteem, anxiety and fear of missing out. We recruited 852 participants from the community using online survey dissemination and asked to fill the survey for approximately 15 to 20 minutes. The result found that self-esteem was positively correlated to Facebook use. However, anxiety was found to be negatively correlated to Facebook use. Meanwhile, the fear of missing out was found to be not significantly related to Facebook use. Therefore, individuals with positive psychological well-being tend to use Facebook more. |