Profil PerusahaanHim & him Patisserie merupakan toko kue online yang berbasis di Cinere, Depok. Berdiri sejak tahun 2016, Him & him berspesialisasi pada baked goods premium dan autentik. Him & him Patisserie menawarkan aneka makanan penutup dengan bahan terbaik, tanpa bahan pengawet, dan perasa buatan. Hal ini dikarenakan Him & him Patisserie meyakini bahwa bahan-bahan terbaik akan menghasilkan produk terbaik pula.Analisis SituasiStrength1. Pemilik menjalankan usaha secara penuh waktu, sehingga dapat memfokuskan perhatiannya terhadap Him & him Patisserie2. Pemilik yang memiliki kecintaan terhadap dessert dan telah melalui pelatihan kuliner mendorong untuk menciptakan produk terbaik 3. Menawarkan rangkaian produk yang beragam dengan harga yang beragam 4. Penggunaan bahan baku berkualitas, tanpa bahan pengawet dan perasa buatanWeakness1. Bisnis yang bergantung hanya kepada satu orang mengakibatkan sulitnya memaksimalisasi seluruh aspek perusahaan 2. Mayoritas pembeli masih berasal dari kerabat pemilik3. Pengelolaan media sosial yang belum maksimal dan bervariasi, kurang interaktif, padahal media sosial merupakan satu-satunya alat promosi Him & him Patisserie4. Jangkauan area penjualan yang masih minim, hanya melayani pengiriman ke area Jakarta, Depok dan Tangerang. 5. Penggunaan sistem pre-order yang membuat calon pembeli tidak dapat mendapatkan produk kapanpun diinginkanOpportunities1. Mengonsumsi camilan sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia2. Cookies dan kue, dua produk unggulan Him & him Patisserie, termasuk dalam tiga jenis camilan yang paling digemariThreats1. Pasar belum cukup mementingkan aspek kualitas, yang merupakan keunggulan yang ditawarkan Him & him Patisserie, dan lebih memperhatikan faktor lain seperti harga dan rasa2. Loyalitas khalayak sasaran terhadap produk camilan yang rendah3. Banyaknya kompetitor yang menawarkan produk serupa 4. Kompetitor yang lebih aktif dan kreatif dalam mengelola kanal media dengan aktivitas digitalnyaRumusan MasalahKurang maksimalnya aktivitas pemasaran media sosial mengakibatkan kurangnya kesadaran khalayak terhadap Him & him Patisserie. Keunggulan dan keunikan Him & him Patisserie belum berhasil dikomunikasikan.Tujuan1. Meningkatkan kesadaran khalayak terhadap Him & him Patisserie2. Memperkuat positioning Him & him Patisserie sebagai brand makanan penutup yang berkualitasKhalayak SasaranDemografis1. Laki-laki dan perempuan2. Usia 18 – 34 tahun3. SES A-BGeografis1. Jakarta, Depok, dan TangerangPsikografis1. Menghargai kualitas suatu produk2. Senang bersosialisasi3. Mendengarkan dan dapat percaya terhadap pendapat orang lain4. Rasa keingintahuan tinggiPerilaku1. Gemar mengemil2. Pengguna aktif media sosial3. Mengikuti dan mencoba tren kuliner terbaru4. Membeli camilan manis secara regularPesan Kunci“Him & him Patisserie is a one-stop dessert place to get you accompanied.”Program‘Convenience in a Companion’ adalah program yang telah disusun untuk menjawab permasalahan terkait kesadaran khalayak dan identitas yang dimiliki oleh Him & him Patisserie. Program ini berjalan dengan empat strategi utama yaitu optimalisasi kanal media sosial dengan content marketing, pembukaan akun TikTok, memanfaatkan influencer marketing, dan menggunakan iklan pada media sosial Instagram.JadwalAgustus - Desember 2022AnggaranRp8.900.000EvaluasiInput: Memastikan kegiatan terlaksana sesuai dengan linimasa dan rencana.Output: Melakukan evaluasi terhadap setiap kegiatan yang dilakukan.Outcome: Melakukan pengukuran dampak dan evaluasi dari pelaksanaan kegiatan. Company ProfileHim & Him Patisserie is an online-based bakery located in Cinere, Depok. Since 2016, Him & him Patisserie has served premium and authentic baked goods. Him & Him Patisserie offers a variety of desserts with the best ingredients, no preservatives, and artificial flavors because of their belief that the best ingredients will give the best resultsSituation AnalysisStrengths Running Him & him Patisserie is the Owner's full-time job The owner's love for dessert and culinary training pushes her to create the best productsOffers a diverse range of products with various prices The use of high-quality materials WeaknessesHim & him Patisserie depends on only the owner to run the business making it difficult to maximize all aspects of the companyThe majority of past buyers are from the owner's relatives Not optimal enough social media management Minimal sales area coverage (Jakarta, Depok, and Tangerang) The use of the pre-order system makes potential buyers unable to get the product whenever they wantOpportunities1.Snacking has become a habit of Indonesian2.Cookies and cakes, two of Him & Him Patisserie's signature products, are among the three most popular types of snacksThreatsThe market has not paid enough attention to the quality aspect, which is something that Him & him Patisserie offers and is paying more attention to other factors such as price and tasteThe target audience's low loyalty to snack products The number of competitors who offer similar productsCompetitors who are more active and creative in managing media promotion channels with their digital activities Problem StatementNot maximal enough social media marketing activities resulted in the lack of Him & him Patisserie’s brand awareness. Him & him Patisserie's uniqueness and excellence not succesfully communicated to the target audiences yet.Goals1. Increase Him & him Patisserie’s brand awareness2. Strengthen Him & him Patisserie’s positioning as a high-quality dessert brandTarget AudienceDemographic1.Male and female2.18 – 34 years old3.SES A – BGeographic1.Jakarta, Depok and TangerangPsychographic1.Appreciate the quality of a product2.Enjoys socializing3.Listens and trust others’ opinions4.High-curiousityBehavior1.Loves snacking2.Active social media user3.Latest culinary trends followers (foodies)4.Buy desserts regularlyKey Message“Him & him Patisserie is a one-stop dessert place to get you accompanied.”Program‘Convenience in a Companion’ is a program that has been prepared to answer problems related to brand awareness that Him & him Patisserie has. This program runs with four main strategies, namely optimizing social media channels with content marketing, opening a TikTok account, utilizing influencer marketing, and using advertising on Instagram.ScheduleAugust – December 2022BudgetRp8.900.000EvaluationInput: Ensure that all activities are executed according to timeline and plan.Output: Evaluate results of implementation. Outcome: Measure impact and evaluation of implementation. |