:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Tingkat Kecanduan Smartphone dan akibatnya terhadap IPK Mahasiswa FMIPA UI = Analysis of Factors Affecting the Level of Smartphone Addiction and Its Effects on the GPA of FMIPA UI Students

Muhammad Azhar; Rianti Setiadi, supervisor; Sarini Abdullah, examiner; Siti Nurrohmah, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Smartphone merupakan perangkat pintar yang dapat mendukung berbagai aktivitas manusia di era modern saat ini. Penggunaan smartphone ini sudah tersebar luas di berbagai kalangan usia. Penggunaan smartphone yang berlebihan dapat mengakibatkan kecanduan smartphone bagi penggunanya yang dapat menjadi penyebab berbagai macam hal yang buruk termasuk penyakit dan penurunan IPK. Hal ini menyebabkan kecanduan smartphone perlu diusahakan untuk tidak terjadi. Untuk itu perlu diketahui faktor-faktor yang menyebabkannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempunyai hubungan yang signifikan terhadap terjadinya kecanduan smartphone. Penelitian dilakukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI). Penelitian ini juga akan menganalisis hubungan antara kecanduan smartphone dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa FMIPA UI.
Metode yang digunakan adalah Kruskal Wallis untuk menganalisis apakah ada perbedaan tingkat kecanduan smartphone untuk departemen yang ada di FMIPA UI dan Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecanduan smartphone dapat dijelaskan oleh tingkat religiusitas untuk mahasiswa di seluruh departemen di FMIPA UI kecuali departemen Matematika. Kecanduan smartphone juga dijelaskan oleh kepuasan hidup untuk mahasiswa Departemen Matematika dan Kimia. Kecanduan smartphone juga dijelaskan oleh kepuasan hidup untuk mahasiswa Departemen Biologi. Kecanduan smartphone mempunyai hubungan signifikan terhadap IPK untuk mahasiswa Departemen Matematika dan Fisika.

Smartphones are smart devices that can support various human activities in today's modern era. The use of this smartphone is widespread among various ages. Excessive use of smarpthone can lead to smartphone addiction for its users which can be the cause of all kinds of bad things including illness and decreased GPA. This causes smartphone addiction to be avoided. For that we need to know the factors that cause it.
The purpose of this study was to analyze the factors that have a significant relationship to the incidence of smartphone addiction. The research was conducted at the Faculty of Mathematics and Natural Sciences, University of Indonesia (FMIPA UI). This study will also analyze the relationship between smartphone addiction and the Grade Point Average (GPA) of FMIPA UI Students.
The method used is Kruskal Wallis to analyze whether there are differences in the level of smartphone addiction for departments in FMIPA UI and Partial Least Square (PLS).
The results showed that the level of smartphone addiction can be expressed by the level of religiosity for students in all departments in FMIPA UI except the Mathematics department. smartphone addiction also serves by life satisfaction for Mathematics and Chemistry Department students. Smartphone addiction also serves by life satisfaction for Biology Department students. Smartphone addiction has a significant relationship to GPA for students of the Mathematics and Physics Department.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhammad Azhar.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdcarrier)
Deskripsi Fisik : xix, 115 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-93179154 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20527461