:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Daarul Rahman Jagakarsa Jakarta Selatan = Daarul Rahman Jagakarsa Islamic Boarding School Education System South Jakarta

Hafifah Ajeng Saputri; Suranta, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang mewadahi para masyarakat yang ingin belajar lebih tentang Islam. Penelitian ini menjelaskan tentang sistem pendidikan Pondok Pesantren Daarul Rahman yang berada di Jagakarsa Jakarta Selatan. Tujuan dari penelitian ini ingin menjelaskan bagaimana metode pengajaran pada pondok pesantren Daarul Rahman, implementasi sistem modern dan sistem salafiyah pada pondok pesantren Daarul Rahman Jagakarsa Jakarta Selatan, dan juga komponen-komponen yang ada di dalam pondok pesantren Daarul Rahman Jagakarsa Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi langsung ke tempat penelitian, dan studi pustaka. Teori yang digunakan adalah teori metode pembelajaran dari Husein Muhammad dan teori tipe pondok pesantren menurut Apipudin. Temuan dari penelitian ini bahwa metode pembelajaran pesantren Daarul Rahman adalah metode klasikal, musyawarah, hafalan dan qawaid tarjamah. Sistem pendidikan Daarul Rahman menggunakan sistem modern dan tradisional. Daarul Rahman memiliki lima komponen pondok pesantren yaitu, kyai sebagai pengajar, masjid, asrama, santri, dan kitab kuning sebagai buku yang menjadi materi pembelajaran di pondok pesantren.

Islamic boarding school is an Islamic educational institution that accommodates people who want to learn more about Islam. This study describes the education system of the Daarul Rahman Islamic Boarding School in Jagakarsa, South Jakarta. The purpose of this study is to explain how the teaching methods at the Daarul Rahman Islamic boarding school, the implementation of the modern system and the salafiyah system at the Daarul Rahman Jagakarsa Islamic boarding school, South Jakarta, and also the components in the Daarul Rahman Jagakarsa Islamic boarding school, South Jakarta. The method used is a qualitative method and to collect data with interview techniques, direct observation to the research site, and using literature studies to support this research. The theory used is the theory of learning methods from Husein Muhammad and the theory of the type of Islamic boarding school according to Apipudin. The findings of this study are that the teaching method of the Daarul Rahman Islamic boarding school is the method of classical, deliberation, memorization and qawaid tarjamah. Daarul Rahman's education system uses both modern and traditional systems. Daarul Rahman has five components of Islamic boarding schools, namely, kyai as teachers, mosques, dormitories, students, and the yellow book as a book that becomes learning material in Islamic boarding schools.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Hafifah Ajeng Saputri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 22 pages + appendix
Naskah Ringkas : https://lib.ui.ac.id/unggah/
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-22-03585476 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20527893