:: UI - Disertasi Membership :: Kembali

UI - Disertasi Membership :: Kembali

Perilaku cost stickiness dan ketidakpastian lingkungan pada strategi dan kemampuan manajerial yang berbeda : studi pada negara Asia Tenggara) = Cost stickiness behaviour and environment uncertainty in different strategy and managerial ability : evidence in Southeast Asia

Maria Immaculatta Mitha Dwi Restuti; Lindawati Gani, promotor; Elvia Rosantina, co-promotor; Lianny Leo, co-promotor; Hilda Rossieta, examiner; Desi Adhariani, examiner; Telisa Aulia Falianty, examiner; Hutajulu, Sabam, examiner; Irwan Djaja, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Memahami perilaku biaya merupakan hal yang penting bagi manajemen, terutama dalam kaitannya dengan pengambilan keputusan. Manajer mempertimbangkan adanya ketidakpastian lingkungan ketika mengambil keputusan mengenai sumber daya yang berpengaruh pada perilaku biaya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perilaku cost stickinessdengan adanya ketidakpastian lingkungan yang tinggi. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji dampak ketidakpastian lingkungan terhadap cost stickiness pada strategi prospector dan defender. Penelitian ini menggunakan dimensi munificence, dinamisme dan kompleksitas untuk mengukur ketidakpastian lingkungan. Penelitian ini juga menguji pengaruh ketidakpastian lingkungan terhadap strategi dan menguji perilaku cost stickiness pada strategi prospector dan defender. Lebih lanjut penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak ketidakpastian lingkungan terhadap cost stickinesspada kemampuan majerial yang berbeda dan pengujian tersebut dilakukan pada strategi prospector dan defender.
Penelitian ini menggunakan data perusahaan non finansial yang terdaftar pada bursa efek di kawasan Asia Tenggara pada periode 2013-2019. Sampel akhir didapatkan sebanyak 23.298 observasi dan pengujian dilakukan menggunakan regresi panel dengan sub sampel. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa cost stickinessmeningkat dengan adanya ketidakpastian lingkungan yang tinggi. Dalam menghadapi ketidakpastian lingkungan, perusahaan cenderung menahan sumber daya yang dimiliki untuk tetap bisa menjalankan operasional perusahaan. Cost stickiness meningkat ketika perusahaan menahan sumber daya yang dimiliki. Dampak ketidakpastian lingkungan terhadap cost stickiness tidak berbeda pada strategi prospector dan defender.
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dengan ketidakpastian lingkungan yang tinggi perusahaan di Asia Tenggara cenderung untuk memilih strategi defender. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa cost stickiness terjadi pada strategi defender tetapi tidak dapat dikatakan terjadi cost stickiness pada strategi prospector. Hal ini bisa jadi disebabkan karena perusahaan di Asia Tenggara mayoritas bergerak pada sektor jasa, agrikultur dan sumber daya mineral dan perdagangan pada produk dan bahan mentah yang belum diproses, yang menyebabkan perusahaan prospector tidak banyak berinovasi pada teknologi tinggi ataupun inovasi yang canggih.
Lebih lanjut hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak ketidakpastian lingkungan terhadap cost stickinesslebih kuat pada perusahaan yang memiliki kemampuan manajerial yang rendah dibandingkan dengan yang tinggi, baik pada strategi prospector dan defender. Hal tersebut menunjukkan bahwa manajer dengan kemampuan manajerial yang rendah dalam menghadapi ketidakpastian cenderung menahan sumber daya untuk tetap memenuhi permintaan sumber daya dan mengantisipasi kenaikan penjualan di masa depan.

Understanding cost behavior is important for management to decision making. Managers consider environmental uncertainties when making decisions about resources that affect cost behavior. This study aims to examine the cost stickiness behavior in high environmental uncertainty. This study also aims to examine the effect of environmental uncertainty on cost stickiness in prospector and defender strategies. This study uses the dimensions of munificence, dynamism, and complexity to measure environmental uncertainty. This study also examines the effect of environmental uncertainty on the strategy and examines cost stickiness behavior on prospector and defender strategy. Furthermore, this study aims to examine the effect of environmental uncertainty on cost stickiness on different managerial abilities and the test was carried out on prospector and defender strategies.
This study uses data from non-financial firms listed on stock exchanges in the Southeast Asia region on 2013-2019. The final sample was 23,298 firm-year observations and testing were run using panel regression with sub samples. The test results indicate that cost stickiness increases with high environmental uncertainty. To deal with environmental uncertainty, firms tend to retain resources to continue firm's operations. Cost stickiness increases when the firm retains its resources. The behavior of cost stickiness that increases due to environmental uncertainty occurs in prospector and defender strategies.
The test results also show that in high environmental uncertainty, firms in Southeast Asia tend to choose the defender strategy. The test results also show that cost stickiness occurs in the defender strategy but not occur in the prospector strategy. This could be since the majority of firms in Southeast Asia are engaged in the service sector, agriculture, mineral resources and trading in unprocessed products and raw materials, which causes prospector firms to not innovate much in high technology or sophisticated innovation.
Furthermore, the results of the study show that the effect of environmental uncertainty on cost stickiness is stronger in firms that have low managerial abilities compared with high ones, both in prospector and defender strategies. This shows that managers with low managerial abilities to cope with uncertainty tend to retain resources to keep meet resource requirement and anticipate increasing future sales.

 File Digital: 1

Shelf
 D-Maria Immaculatta Mitha Dwi Restuti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : D-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 188 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
D-pdf 07-22-21644224 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20528311