:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Prinsip Jurnalisme pada Media Berbasis Kreatif: Studi Kasus @TheFineryReport = The Principles of Journalism in Creative-Based Media: Case Study of @TheFineryReport

Carissa Putri Muhamartha; Keyza Pratama widiatmika, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

This paper demonstrates the creative-based online media Indonesia on Instagram in applying the online (citizen) journalism principles. As the world becomes more digitized, journalism has faced its most significant challenges in the context of principles and practices of digital journalism, especially since the popularisation of social network sites. The internet opens up great opportunities for the public, who have internet access, to create their media online and implement journalism principles. The presence of online media news growing on the internet can not be considered conventional news because the issues raised and information are packaged in various creative ways, including collaboration. As a result, apart from being the disseminator of information, a community was also formed. This research aims to analyze the implementation of journalism principles for Indonesia's creative-based online media, specifically The Finery Report (TFR). The researcher also uses several concepts and theories of journalism. First is principles journalism by Bill Kovach. Second online journalism principles by Paul Bradshaw. Third, Deuze's type of online journalism. While the analysis method used is qualitative content analysis. The data are collected by analyzing all TFR's information and investigating their media channels, specifically Instagram and website. The findings show that the Indonesian creative-based media has sought to utilise Bill Kovach's essential Journalism elements, all the aspects of Bradshaw's online journalism principles, and identified into one of Deuze's categories. This research also finds the presence of news media on social media is essential. This is because they can directly engage with the audience and get sources for news articles.masaran konvensional yang digantikan oleh pemasaran digital. Pemasaran digital dapat didefinisikan sebagai kampanye pemasaran yang menggunakan berbagai strategi pemasaran seperti media sosial. Menggunakan media sosial sebagai bagian dari pemasaran digital adalah strategi yang sangat umum digunakan karena aksesibilitasnya. Dengan alasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa pemasaran media sosial dapat membantu mempromosikan bisnis. Instagram dianggap sebagai salah satu media sosial paling efektif sebagai platform pemasaran. Keunggulan ini menyebabkan banyak pebisnis termasuk pebisnis makanan online menggunakan Instagram sebagai strategi pemasarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran di Instagram dilakukan oleh pelaku usaha makanan online dengan melakukan wawancara kepada dua pelaku usaha makanan online; @KouignPastry dengan menggunakan metode analisis Bauran Pemasaran (7P).

Penelitian ini mengkaji media online berbasis kreatif Indonesia di Instagram dalam menerapkan prinsip jurnalisme. Internet membuka peluang besar bagi masyarakat yang memiliki akses internet, untuk membuat situs media sendiri secara online dan menerapkan prinsip jurnalistik. Kehadiran pemberitaan media online yang berkembang di internet tidak hanya bisa dikatakan sebagai berita konvensional karena jenis isu dan informasi yang diangkat dikemas dengan berbagai cara kreatif, termasuk kolaborasi. Alhasil, selain sebagai penyebar informasi, terbentuk juga komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi prinsip jurnalisme media online berbasis kreatif di Indonesia, khususnya The Finery Report (TFR), dengan menggunakan beberapa konsep dan teori jurnalisme, yaitu pertama prinsip-prinsip jurnalisme milik Bill Kovach. kedua prinsip jurnalisme online Paul Bradshaw. Ketiga, jenis jurnalisme online Deuze. Sedangkan metode yang digunakan adalah kualitatif konten analisis. Data dikumpulkan melalui analisis beragam informasi seputar TFR serta melihat kanal media milik TFR, terutama Instagram dan website. Temuan menunjukkan bahwa TFR telah berusaha mengimplementasikan seluruh prinsip jurnalisme milik Bill Kovach dan Paul Bradshaw serta telah teridentifikasi ke salah satu kategori milik Deuze. Penelitian ini juga menemukan bahwa kehadiran media berita di media sosial penting dan esensial. Hal ini karena mereka dapat langsung terlibat dengan audiens dan mendapatkan sumber artikel berita.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Carissa Putri Muhamartha.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vii, 20 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-23-05260956 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20528860