Pemasaran Media Sosial Berdasarkan Model AISAS: Studi Kasus pada Akun @shopatvelvet di Instagram = Social Media Marketing Based on the AISAS Model: A Case Study of @shopatvelvet Account on Instagram
Najlaa Lathifah Wistiandono;
Nadia Marita Andayani, supervisor
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022)
|
Instagram as a global social media is now popularly used as a marketing tool by businesses of any size. TheAISAS model that has been widely adopted by researchers can be used to formulate marketing strategies,especially in the context of digital marketing such as social media. This paper investigates how Instagram isused as a marketing tool and how the strategy implemented is seen based on the AISAS model through a casestudy of the Instagram account @shopatvelvet, one of the top ten Indonesian clothing brands that use Instagramas a marketing tool. The method used in this paper is a qualitative approach with content analysis andobservations on the @shopatvelvet Instagram account. the main findings center on the Instagram features usedand the type of content chosen to generate social media marketing effectiveness based on the AISAS model.With that, this effort shows how the Instagram account @shopatvelvet managed to become the top tenIndonesian clothing brands by utilizing Instagram features and choosing the right type of content. Instagram sebagai media sosial global kini populer digunakan sebagai alat pemasaran oleh bisnis dalamberbagai ukuran. Model AISAS yang telah banyak diadopsi oleh para peneliti dapat digunakan untukmerumuskan strategi pemasaran terutama dalam konteks pemasaran digital seperti media sosial. Penelitian inimenyelidiki bagaimana Instagram digunakan sebagai alat pemasaran dan bagaimana strategi yang diterapkandilihat berdasarkan model AISAS melalui studi kasus akun Instagram @shopatvelvet, salah satu dari sepuluhbesar merek pakaian Indonesia yang menggunakan Instagram sebagai alat pemasarannya. Metode yangdigunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis konten dan observasi pada akunInstagram @shopatvelvet. Temuan utama berpusat pada fitur-fitur Instagram yang digunakan dan jenis kontenyang dipilih untuk menghasilkan keefektifan pemasaran sosial media berdasarkan model AISAS. Dengan itu,upaya ini menunjukkan bagaimana akun Instagram @shopatvelvet berhasil menjadi sepuluh besar merekpakaian Indonesia dengan memanfaatkan fitur-fitur Instagram dan memilih jenis konten yang tepat. |
MK-Najlaa Lathifah Wistiandono.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | MK-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI eng rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | v, 21 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
MK-pdf | 16-23-10204416 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20528916 |