Music to increase Self-esteem: A Semiotic Analysis of Epiphany by BTS = Musik untuk Meningkatkan Harga Diri: Analisis Semiotik Epiphany oleh BTS
Sinaga, Lady Vani Romauli;
Hendriyani, supervisor
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022)
|
Grup idola Korea BTS (Bangtan Sonyeondan) terkenal karena mengekspresikan pesan mereka melalui musik, salah satu lagu mereka adalah 'Epiphany' yang mengekspresikan dukungan untuk harga diri. Melalui lirik tersebut, BTS terlihat membuka aspek emosional dengan makna menerima dan mencintai diri sendiri. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui representasi harga diri dalam lirik Epiphany BTS dengan mengkaji makna yang terkandung. Lebih lanjut, artikel ini juga memaparkan wawasan dari para penggemar (ARMY) mengenai keberadaan harga diri dalam lagu tersebut. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan analisis semiotik Roland Barthes untuk mengkaji representasi dan dorongan harga diri dalam lirik “Epiphany” yang diproduksi oleh BTS. Temuan menunjukkan adanya dorongan harga diri dalam bentuk menyukai diri sendiri yang selanjutnya mendorong pendengar, terutama penggemar, untuk memiliki tingkat harga diri yang lebih tinggi. Selanjutnya, temuan tersebut juga diikuti dengan tanggapan dari para penggemar mengenai esensi menyukai diri sendiri dalam musik. Korean idol group BTS (Bangtan Sonyeondan) are famous for expressing their messages through music, one of their songs is ‘Epiphany’ that expresses a support for self-esteem. Through the lyrics, BTS become apparent to open the emotional aspect with the meaning of accepting and loving themselves. This article aims to discover the representation of self-esteem in BTS’ Epiphany lyrics by examining the meaning contained. Furthermore, this article also describes the insight from the fans (ARMY) regarding the existence of self-esteem in the song. This descriptive qualitative research utilizes Roland Barthes' semiotic analysis to examine the representation and encouragement in regards to self-esteem in the “Epiphany” lyrics produced by BTS. The findings demonstrate the presence of self-esteem encouragement in the form of self-liking which further urges listeners, especially fans, to have a higher level of self-esteem. Further, the findings also followed by the response from the fans regarding the self-liking essence in the music. |
MK-Sinaga, Lady Vani Romauli.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | MK-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022 |
Program Studi : |
Bahasa : | eng |
Sumber Pengatalogan : | LibUI eng rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | 29 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
MK-pdf | 11-23-97290091 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20528948 |