:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Altman-Taylor’s Social Penetration Theory: Analysis on “Her” (2013) Movie = Teori Penetrasi Sosial Altman-Taylor: Analisis Film “Her” (2013)

Shava Annisha Hapsari; Rosy Tri Pagiwati, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia;, 2022)

 Abstrak

'Her' merupakan karya film yang dibuat oleh Spike Jonze yang memiliki jalan cerita yang unik dan eksentrik. Film ini menggambarkan bagaimana seseorang yang menghabiskan sebagian besar hidupnya bergantung pada teknologi komputer dapat terjebak dalam hubungan yang tidak biasa dengan teknologi itu sendiri. Suatu hubungan yang lebih dari sekedar hubungan pemilik dengan benda yang dirasuki, melainkan hubungan yang erat dan akrab seperti dua manusia yang saling berinteraksi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menguraikan intimacy communication atau komunikasi interpersonal (interpersonal communication) dalam konteks hubungan manusia dan teknologi pada khususnya, sesuai teori dalam komunikasi interpersonal yang digambarkan dari film 'Her'. Dengan menggunakan pendakatan kualitatif dan sumber data sekunder, temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa Secara umum, keintiman yang ditampilkan antara manusia dan komputer dalam film 'Her' sepenuhnya memenuhi prinsip dalam Teori Penetrasi Sosial dan pembentukan hubungan interpersonal dalam kasus keintiman komunikasi.

'Her' is a film made by Spike Jonze which has a unique and eccentric storyline. This film depicts how a person who spends most of his life dependent on computer technology can get caught in an unusual relationship with the technology itself. A relationship that is more than the owner's relationship with the possessed object, but a close and intimate relationship like two humans interacting with each other. This study aims to explain and describe intimacy communication or interpersonal communication (interpersonal communication) in the context of human relations and technology in particular, according to the theory in interpersonal communication depicted from the film 'Her'. By using a qualitative approach and secondary data sources, the findings of this study reveal that in general, the intimacy shown between humans and computers in the film 'Her' fully fulfills the principles in Social Penetration Theory and the formation of interpersonal relationships in the case of intimate communication.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Shava Annisha Hapsari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok;: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia;, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text ;
Tipe Media : computer ;
Tipe Carrier : online resource ;
Deskripsi Fisik : 21 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI;
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-23-81832245 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20529036