:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pemanfaatan kristal lithium tantalate (LiTaO3) sebagai modulator cahaya dari baseband sinyal listrik dengan prinsip elektro-optik

Suwasti Broto; Hamdani Zain, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Telah dilakukan uji coba mengenal karakteristik sebuah kristal elektro optik Lithium Tantalate (LiTaO3) dengan cara menempatkan kristal tersebut diantara dua kepingan logam sejajar sebagai elektroda. Sebuah cahaya laser ditembakkan pada permukaan kristal elektro-optik yang diletakkan diantara dua buah polarisator, dan diberi tegangan tinggi antara 0 sampai dengan 1 kV pada elektrodanya. Dengan mengubah-ubah tegangan yang diberikan pada kedua elektroda maka akan mengubah pula intensitas cahaya laser yang menembus kristal yang akan dikonversi menjadi tegangan atau arus listrik oleh sebuah perangkat Avalanche Photo Diode (APD) yang sebanding dengan intensitas cahaya yang masuk padanya.
Dari hasil pengamatan perubahan bias tegangan pada kristal LiTaO3 terhadap perubahan intensitas cahaya yang keluar dari kristal tersebut, menghasilkan kurva hubungan antara bias tegangan kristal dengan intensitas cahaya yang menyerupai karakteristik sebuah dioda.
Pada bias tegangan tertentu yang diberikan pads kristal, apabila pada kristal diberikan suatu gejala sinusoida dari pembangkit sinyal misalnya, bunyi yang berasal dari suatu tape recorder maka akan memberikan suatu bentuk keluaran sinusoida tertentu pula yang sesuai dengan sumbernya. Hal inl merupakan suatu peristiwa modulasi informasi yang dibawa oleh cahaya laser melalui perangkat dari sebuah kristal elektro-optik LiTaO3.

 File Digital: 1

Shelf
 T1054-Pemanfaatan kristal-TOC.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T1054
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vii, 57 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T1054 15-19-112032301 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 70874