:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Studi kelayakan bisnis powerline communications (PLC) di Indonesia

Rio Imanoto Hadi; Iwan Krisnadi, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Indonesia sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk dan Iuas wilayah yang besar, membutuhkan sarana dan prasarana telekomunikasi yang bisa menjangkau seluruh wilayahnya. Teknologi yang dibutuhkan bukan hanya teknologi yang dapat dipakai secara bersama-sama tetapi biaya investasinya juga harus murah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan tarif jasa telekomunikasi yang terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Power-line Communications (PLC) dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif, karena teknologi telekomunikasi ini tidak membutuhkan jaringan akses yang baru tetapi hanya memanfaatkan jaringan distribusi tenaga listrik sebagai penggantinya. Salah satu negara yang telah mengimplementasikannya adalah Jerman dan PT. Indonesia Coronets Plus merencanakan implementasi teknologi ini di Indonesia.
Dalam bisnis, sebelum suatu kegiatan bisnis dijalankan, umumnya dilakukan studi kelayakan bisnis. Untuk implementasi teknologi PLC di Indonesia secara bisnis akan dilakukan studi kelayakan ini. Pendekatan yang dilakukan adalah studi kelayakan bisnis secara umum dan analisa investasi teknologi. Dengan studi kelayakan ini dapat disimpulkan bahwa investasi dan bisnis PLC di Indonesia layak untuk dilakukan. Kelayakan bisnis dioperasionalkan secara bertahap, untuk jangka pendeknya adalah Internet dan untuk jangka panjangnya adalah telephony.

Indonesia as a developing country with large area and density needs a proper technology that can be implemened in all place. The technology should be with low investment, because the main purpose is giving a telecommunicatios service with a competitive tariff. Powerline Communications (PLC) is one of the alternative technology, because the technology does not need to build a new media access infrastructure, but it's using power grid as media access. German is one of the country that have been implemented PLC for broadband internet access, and in Indonesia, PT. Indonesia Comnets Plus plan to implement this technology.
Generally, before running the business we have to analyze whether PLC is suitable to be implemented in Indonesia. This paper will analyze the technology and investment of PLC if implemented in Indonesia. The result of analysis, PLC can be implemented in Indonesia step by step, with short term for broadband internet access and long term for telephony.

 File Digital: 1

Shelf
 T2791-Rio Imanoto_Hadi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T2791
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 71 pages: illustration; 30 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T2791 15-19-657038927 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 71221