:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan minat untuk mengikuti program pemagangan ke Jepang pada peserta pelatihan pra pemberangkatan magang ke Jepang di BLKKP Lembang.

Widhi Harsoyo; Bambang Indriyanto, supervisor; Waworuntu, Mariah, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi orang tua peserta, dengan minat peserta untuk mengikuti program pemagangan, juga hubungan antara persepsi peserta terhadap program pemagangan ke Jepang dengan minat peserta mengikuti program. Sebagai obyek penelitian adalah para peserta pelatihan Pra Pemberangkatan Magang di Jepang, Angkatan 102 (13 - 6) di BLKKP Lembang yang berjumlah 163 orang.


Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dan data sekunder tentang program pemagangan. Kuesioner digunakan untuk mengungkap data tentang data pribadi, status sosial ekonomi, orang tua, minat peserta, dan persepsi peserta tentang program pemagangan.


Analisis yang digunakan adalah analisis korelasi secara sederhana untuk mengukur hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan minat peserta, antara persepsi peserta dengan minat peserta dan antara status sosial ekonomi orang tua dengan minat peserta.


Hasil analisis korelasi adalah sebagai berikut :

1.Status sosial ekonomi orang tua peserta mempunyai hubungan negatif dengan minat peserta dengan koefisien korelasi adalah : -0,70. Sehingga sumbangan variabel status sosial ekonomi orang tua hanya dapat menjelaskan sebanyak 49 % terhadap minat peserta.

2.Persepsi peserta mempunyai hubungan positif dengan minat peserta (0,58). Sumbangan variabel persepsi terhadap minat peserta adalah 34 %.

3.Status sosial ekonomi orang tua mempunyai hubungan negatif dengan persepsi peserta (- 0,45). Sumbangan variabel persepsi terhadap minat peserta adalah 20 %.



Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, maka disarankan untuk mempertimbangkan status sosial ekonomi dalam rekruitmen calon peserta program pemagangan, juga perlu dilaksanakan penyebaran informasi mengenai program secara lebih Iuas dan merata kepada masyarakat.



 File Digital: 9

Shelf
 T 2493 - Hubungan antara--Metodologi.pdf :: Unduh
 T 2493 - Hubungan antara--Literatur.pdf :: Unduh
 T 2493 - Hubungan antara--Pendahuluan.pdf :: Unduh
 T 2493 - Hubungan antara--Abstrak.pdf :: Unduh
 T 2493 - Hubungan antara--Lampiran.pdf :: Unduh
 T 2493 - Hubungan antara--Kesimpulan.pdf :: Unduh
 T 2493 - Hubungan antara--Bibliografi.pdf :: Unduh
 T 2493 - Hubungan antara--HA.pdf :: Unduh
 T 2493 - Hubungan antara--Analisis.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T2493
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 94 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T2493 15-19-874191317 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 71433