:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengukuran produktivitas menggunakan Model Value Added (Asian Productivity Organization) Sebagai Dasar Evaluasi Kinerja Perusahaan Perbankan : Studi kasus PT. Bank Syariah Muamalat Indonesia Tbk.

Acep R. Jayaprawira; M. Syamsul Maarif, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

PT. Bank Syariah Muamalat Indonesia (BMI) adalah bank swasta pertama di Indonesia yang beroperasi berdasarkan sistem syariah. Didirikan pada tahun 1991 dengan lebih dari 800.000 pemegang saham, baik perorangan maupun lembaga, dengan demikian BMI adalah public company tetapi tidak listed di bursa efek.
Krisis ekonomi yang berkepanjangan sejak tahun 1997 hingga kini, telah menimbulkan cukup banyak kesulitan pada sektor keuangan khususnya perbankan di Indonesia. Sebagai akibat memburuknya kinerja keuangan, antara lain mengalami negative spread, banyak bank dan ribuan debiturnya berada dalam pengawasan Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). Tidak sedikit yang harus menghentikan aktivitas operasionalnya karena harus di-merger atau bahkan dilikuidasi. BMI termasuk diantara bank yang mampu bertahan dalam bahkan tidak dilikuidasi. BMI termasuk diantara bank yang mampu bertahan dalam badai krisis ini tanpa Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) sama sekali, sehingga tidak berada dalam pengawasan BPPN.
Penelitian produktivitas dilakukan untuk dapat melihat kinerja suatu lembaga atau perorangan yang dimulai melalui suatu proses pengukuran produktivitas. Adalah cukup menarik untuk mengukur produktivitas sebuah bank syariah, sebagai salah satu dasar untuk mengevaluasi kinerjanya, yang terbukti berhasil bertahan bahkan berkembang di era krisis ini.
Masalahnya adalah, model pengukuran yang khusus bagi bank syariah belum pernah dikembangkan. Model pengukuran produktivitas yang telah dikembangkan saat ini umumnya berorientasi atau dilator belakangi sistem manufaktur. Demikian pula dengan Model Value Added yang dikembangkan oleh Asian Productivity Organization, namun model ini cenderung bersifat fleksibel dan dapat diterapkan pada sektor jasa non keuangan. Khusus untuk sektor keuangan dan perbankan, lebih khusus lagi perbankan syariah, perlu dikembangkan model pengukuran yang merupakan modifikasi terhadap Model Value Added dimaksud.

 File Digital: 9

Shelf
 T 3310 - Pengukuran produktivitas--Analisis.pdf :: Unduh
 T 3310 - Pengukuran produktivitas---Lampiran.pdf :: Unduh
 T 3310 - Pengukuran produktivitas--Kesimpulan.pdf :: Unduh
 T 3310 - Pengukuran produktivitas---Pendahuluan.pdf :: Unduh
 T 3310 - Pengukuran produktivitas---Metodologi.pdf :: Unduh
 T 3310 - Pengukuran produktivitas--HA.pdf :: Unduh
 T 3310 - Pengukuran produktivitas--Abstrak.pdf :: Unduh
 T 3310 - Pengukuran produktivitas---Literatur.pdf :: Unduh
 T 3310 - Pengukuran produktivitas--Bibliografi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T3310
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 326 hlm., il., 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T3310 15-19-178412882 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 71601