:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis perbandingan produktivitas waktu asuhan keperawatan perawat pegawai negeri sipil dan tenaga kerja kontrak dan hubungannya dengan sistem penempatan tenaga keperawatan di RSUD Serang = Comparative analysis on productivity between government official nurses (PNS) and locally hired nurses (TKK) and its relationship with nurses placement system at RSUD Serang

Sari Mulyati; Elly Nurachmah, supervisor; ([Publisher not identified] , 2002)

 Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa perbedaan produktivitas waktu asuhan keperawatan perawat PNS dengan TKK dan hubungannya dengan sistem penempatan tenaga keperawatan di RSUD Serang. Masalah ini timbul dilatar belakangi dengan banyaknya tenaga kontrak dibandingkan tenaga PNS (2 : 1) dan pengkajian awal yang menunjukan produktivitas belum optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran produktivitas waktu asuhan keperawatan perawat pelaksana PNS dengan TKK dan hubungannya dengan sistem penempatan tenaga keperawatan di RSUD Serang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan cara Simple random sampling, jumlah sampel 76 orang (38 orang perawat PNS dan 38 orang perawat TKK).
Data yang diperoleh adalah data primer yang dikumpulkan dengan cara work sampling dan kuesioner. Hipotesa ditetapkan untuk melihat perbedaan produktivitas waktu asuhan keperawatan perawat pelaksana PNS dengan TKK dan hubungannya dengan sistem penempatan tenaga keperawatan.
Hasil uji statistik bivariat dengan uji beda dua mean/uji t menunjukan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna (signifikan) produktivitas waktu asuhan keperawatan perawat pelaksana PNS dengan TKK (nilai p = 0,782), tidak ada hubungan yang bermakna antara produktivitas waktu asuhan keperawatan perawat pelaksana PNS dengan TKK terhadap sistem penempatan tenaga keperawatan dan tidak ada hubungan yang bermakna antara karakteristik PNS dan TKK terhadap produktivitas waktu asuhan keperawatan (nilai p = > 0,05). Produktivitas waktu asuhan keperawatan perawat PNS dan TKK adalah 47,84%.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk meningkatkan produktivitas antara lain : Pelatihan supervisi untuk Kepala Ruangan/Ka. Ru, mensosialisasikan uraian tugas, memberikan penghargaan dan sangsi, kegiatan non keperawatan tidak dilakukan oleh tenaga keperawatan dan memberikan kesempatan yang sama untuk perawat PNS dan TKK melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, sehingga diharapkan penelitian ini dapat dilanjutkan oleh peneliti lain dengan cara meneliti waktu yang diperlukan untuk setiap jenis kegiatan dengan menggunakan desain yang lebih baik validitasnya dan faktor-faktor yang berhubungan dengan kualitas kerja (Time Motion Study).

Abstract
Comparative Analyses on Productivity between Government Official Nurses (PNS) and Locally Hired Nurses (TKK) and Its Relationship with Nurses Placement System at RSUD SerangThe purpose of study was to analyze the difference of productivity between government official nurses (PNS) and locally hired nurses (TKK) and its relationship with nurses placement system at RSUD Serang. The background of the problem was the number of locally hired nurses exceed the government official (2 : 1) which led to many other work related problems.
The design of the study was descriptive comparative and utilized a cross sectional approach, the sample is collected through a simple random sampling with seventy six (76) respondents (consistent of 38 government official nurses (PNS) and 38 locally hired nurses (TKK)) participated in the study. Data were collected by a work sampling method and a questionnaire on placement system were distributed. The hypotheses was determined to assess the difference of productivity between government official nurses and locally hired nurses in providing nursing care, and its relationship with the nurses placement system.
The findings of bivariate test using t-test, demonstrated that there was no significantly difference on productivity between government official nurses and locally hired nurses (p=0,0782); no significant relationship between productivity government official nurses and locally hired nurses productivity with the nurses placement system, and no significant relationship between demographic characteristic of government official nurses and locally hired nurses with productivity (p=>0,05). The productivity of government official nurses and locally hired nurses was 47,84 %.
Based on the findings recommendations were made, include, training supervision and consistent supervision from top manager in every shift, to socialize the job description, to initiate reward and punishment system. In addition non nursing assignment is not recommended to be conducted by nurses and yet, provide an equal opportunity to pursue further education to government official nurses and locally hired nurses.
In relation to the study's limitation it is recommended to have future study, to explore the required time for each task using different design, and exploring factors related to work quality (lime Motion Study).

 File Digital: 1

Shelf
 T 4746-Analisis perbandingan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T4746
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 131 hlm. ill. ; 29 cm. + Lamp
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T4746 T4746 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 71808