:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Studi nilai impedansi akustik dan sikuenstratigrafi pada lapangan BV, cekungan Sumatera Tengah

Suliantara; Suprayitno Munadi, supervisor; Soemoenar Soeka, examiner; Bambang Widarsono, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Impedansi akustik (AI) adalah besaran fisis yang merupakan hasil kali antara massa jenis onggok (RHOB) dengan cepat rambat gelombang primer dalam masa batuan tersebut (v). Dengan demikian jelas AI mencerminkan sifat internal lapisan batuan, sehingga sangat membantu dalam pekerjaan korelasi lateral lapisan-lapisan batuan secara lateral.
Studi stratigrafi berperan penting dalam korelasi lateral lapisan-lapisan batuan dalam eksplorasi dan eksploitasi hidrokarbon. Dengan melakukan studi stratigrafi khususnya sikuenstratigrafi pendugaan posisi jebakan hidrokarbon dalam fase eksplorasi terbukti berhasil menemukan beberapa lapangan migas baru dan dalam fase eksploitasi berhasil meningkatkan ketelitian perhitungan jebakan migas.
Korelasi lateral lapisan batuan pada prinsipnya menghubungkan lapisan-lapisan batuan yang saling berhubungan, maka akan diketahui bentuk tiga dimensi dari lapisan-lapisan yang menarik. Dengan demikian pengetahuan tentang karakter lapisan-lapisan yang menarik akan sangat membantu dalam pekerjaan korelasi.
System tract adalah unit sikuenstratigrafi yang dibatasi oleh batas sikuen atau permukaan transgresi dan permukaan genang laut (MFS). Didalam unit ini bisa berkembang lapisan batupasir yang dapat berfungsi sebagai reservoir maupun lapisan serpih yang dapat berfungsi sebagai tudung. Nilai AI tidak mampu untuk merekonstruksi sikuen stratigrafi. Pada kasus tertentu nilai AI dapat membantu dalam menentukan posisi ketidakselarasan sebagai batas sikuen.
Lapisan reservoir dengan kandungan hidrokarbon cenderung memiliki nilai AI rendah. Plot silang RHOB vs AI dan Porositas vs AI memisahkan kandungan hidrokarbon terhadap air dalam reservoir. Secara lateral terjadi perubahan nilai AI dalam satu unit sikuen.

 File Digital: 1

Shelf
 T 8173-Studi nilai.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T8173
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : v, 46 pages : illustration ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T8173 15-19-496437794 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 72351