:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Persepsi atas faktor-faktor yang mempengaruhi kwalitas hasil perencanaan dan penyusunan anggaran belanja LIPI

PS. Trimo Syukur; I Made Suwandi, supervisor; Salomo, Roy Valiant, examiner (Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dalam melaksanakan tugas pokoknya didanai dari APBN, yang tertuang baik dalam DIP, DIK, maupun DIKS. Proses perencanaan dan penyusunan anggaran LIPI dikoordinasikan oleh Biro Perencanaan dan Anggaran. Proses perencanaan tersebut dimulai dengan kegiatan penyusunan rencana strategis dengan mengacu pada Propenas dan Kebijakan Strategis Ristek, kemudian diterjemahkan dalam rencana operasional tahunan berupa penyusunan proposal/usulan kegiatan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kwalitas hasil perencanaan dan penyusunan anggaran LIPI diteliti melalui pendekatan analisis deskriptif, menggunakan model kuesioner terhadap 42 responden, dimana penentuan sample dengan Cara purposive sampling. Data yang terkumpul diolah dengan SPSS, deskripsi karakteristik individu dari responden dikelompokkan dalam tingkat pendidikan, usia, masa kerja, dan kepangkatan / golongan. Deskripsi statistik variabel penelitian meliputi variabel bebas kwalitas sumberdaya manusia, kebijaksanaan rencana yang menyeluruh, kelengkapan data dan informasi, mekanisme perencanaan dan penyusunan anggaran, serta variabel terikat kwalitas hasil perencanaan dan penyusunan anggaran.
Hasil analisis regresi linier untuk variabel Kwalitas Sumberdaya Manusia secara parsial mempunyai korelasi dan pengaruh terhadap variabel terikat dengan nilai koefisien korelasi r=0,445 dan nilai koefisien determinasi R2=0,198. Evaluasi koefisien regresi menunjukkan nilai signifikansi t=0,004, artinya variabel bebas ini mempunyai hubungan yang signifikan dengan variabel terikatnya.
Variabel Kebijakan Rencana yang Menyeluruh secara parsial mempunyai korelasi dan pengaruh terhadap variabel terikat dengan nilai koefisien korelasi r=0,416 dan nilai koefisien determinasi R2=0,173. Dalam evaluasi koefisien regresi menunjukkan nilai signifikansi t=0,007, artinya variabel bebas ini mempunyai hubungan yang signifikan dengan kwalitas hasil perencanaan dan penyusunan anggaran.
Variabel Kelengkapan Data dan Informasi secara parsial mempunyai korelasi dan pengaruh terhadap variabel terikatnya dengan nilai koefisien korelasi r=0,434 dan nilai koefisien determinasi R2=0,189. Dalam evaluasi koefisien regresi menunjukkan nilai signifikansi t=0,005, artinya variabel bebas ini mempunyai hubungan yang signifikan dengan kwalitas hasil perencanaan dan penyusunan anggaran.
Variabel Mekanisme Perencanaaan dan Penyusunan Anggaran secara parsial mempunyai korelasi dan pengaruh terhadap variabel terikat dengan nilai koefisien korelasi r=0,444 dan nilai koefisien determinasi R2=0,197. Dalam evaluasi koefisien regresi menunjukkan nilai signifikansi t=0,004, artinya variabel bebas ini mempunyai hubungan yang signifikan dengan kwalitas hasil perencanaan dan penyusunan anggaran.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kwalitas hasil perencanaan dan penyusunan anggaran belanja LIPI telah diketahui, sehingga dapat direkomendasikan agar (1)kwalitas sumberdaya manusia perlu terus ditingkatkan, (2) kebijakan program di LIPI perlu diformalkan melalui keputusan Ketua LIPI, (3) kelengkapan data dan informasi perlu selalu dimutakhirkan dan dibuat sistem informasi terpadu di LIPI, (4) perlu disusun dan dibakukan mekanisme perencanaan dan penyusunan anggaran di LIPI sebagai buku panduan yang baku.

 File Digital: 1

Shelf
 T 8783-Persepsi atas.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T8783
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 122 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T8783 15-19-723815251 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 72519