:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Konsep Puskesmas Terapung (PT) sebagai wujud paradigma baru kawasan pesisir pantai di Indonesia: studi kasus di Kecamatan Kepulauan Seribu sebagai Daerah Sampel

Talahatu, Marcus Alberth; Sunaryo, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Dalam menyangsong era perdagangan bebas tahun 2003 serta sejalan dengan kebijakan pemerintah mengenai otonomi daerah, maka seluruh sumber daya yang ada harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Tidak terkecuali sentra ekonomi kawasan pesisir pantai yang selama ini lambat berkembang dibandingkan dengan sentra-sentra produksi lainnya. Selain itu wilayah Indonesia yang sebagian besar terdiri dari lautan dan wilayah pesisirnya merupakan garis pantai terpanjang di dunia ternyata belum dimanfaatkan dengan baik sampai saat ini. Salah satu usaha dalam meningkatkan kawasan pesisir pantai ini adalah dengan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah-wilayah pesisir. Ide dari penelitian ini adalah memberi respon terhadap peluang pengadaan Puskesmas Terapung (PT) yang berfungsi sebagai pelayanan kesehatan ini. Puskesmas Terapung (PT) ini dapat berpindah dari satu wilayah kc wilayah lainnya. Untuk itu penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan konsep Puskesmas Terapung (PT) yang tepat sehingga di kemudian hari dapat diimplementasikan menjadi suatu produk Puskesmas Tcrapung (PT) yang dapat diandalkan.

Facing the AFTA in the year 2003 and by considering the government?s policy on district autonomy, it is very important to prepare all available resources in Indonesia properly. Coastal region as one of the economic elements of Indonesia has a low growth rate compared to other elements. It is contrary to the fact that Indonesian territory mostly consists of oceans and has the longest coastline in the world. One of possible efforts to develop this ocean potential is by improving the health service to the people live in coastal regions. The main idea of this research is to find the possibility of building a General Clinic which is able to serve the health need as coastal people. This General Clinic boat should be able to be used as a distribution means of medical supply and can be move from a coastal region to another. Therefore this research is focused on making a good concept design of General Clinic in order to be implemented in the future.

 File Digital: 1

Shelf
 T 9390a.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T9390
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 44 hlm. : ill. ; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T9390 15-17-050371711 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 72769