:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengendalian logika fuzzy proses crossflow mikrofiltrasi

Adhi Titian; Wahidin Wahab, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Tesis ini membahas perancangan pengendali berbasis logika fuzzy (PLF) yang digunakan untuk pengendalian jumlah permeate flax (hasil sating) pada proses crossflow mikrofiltrasi, beserta simulasinya. Model prosesnya diperoleh dari gabungan antara pendekatan model matematik dengan sebuah model pilot plant untuk penyaringan bahan gala. Penekanannya pada dua variabel yang paling berpengaruh yaitu (1) kecepatan alir bahan filtrasi dan (2) tekanan pada membran filtrasi.
Perancangan pengendali ini menggunakan Fuzzy Logic Toolbox using Matlab ver. 5.3. PLF ini terdiri dari 3 input dan 2 output (MIMO) dengan fungsi keanggotaan berbentuk triangular dan trapezoidal. Ketiga input terdiri dari galat dan perubahan galat dari keluaran jumlah permeate flux, serta selisih tekanan minimal pada membran. Adanya selisih tekanan membran menentukan bahwa sistem sedang bekerja.
Outputnya merupakan pengaturan kerja dua pompa yaitu pompa centrifugal dan pompa volumetrik. Perubahan kerja pompa centrifugal akan menentukan variasi nilai kecepatan alit dan perubahan kerja pompa volumetrik akan menentukan variasi nilai tekanan membran. Penalaran fuzzy disusun berdasarkan metoda Mamdani, dengan mengacu pada 18 aturan fuzzy sesuai Fury Assosiative Memories (PAM) yang dirancang.
Unjuk kerja dari sistem yang dirancang selanjutnya disimulasikan dengan Simulink Toolbox Using Matlab ver. 5.3. Pada tahap analisa dilihat unjuk kerja sistem yang dikendalikan dibandingkan dengan menggunakan metoda Sugeno. Analisa Iain dengan memperhatikan pengaruh dari ketepatan menentukan nilai parameter di blok fungsi permeate flux.

 File Digital: 1

Shelf
 T 9387a.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T9387
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 43 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Univeristas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T9387 15-19-115013271 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 72770