:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan antara karakteristik, pengetahuan dan keteraturan pengobatan ibu hamil dengan perilaku mencegah komplikasi hipertensi: studi di Rumah Sakit Umum Koja Jakarta Utara, November-- Desember 2002

Chandra Widjajanti; Wiwi Karnasih, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Penelitian tentang hubungan antara karakteristik, pengetahuan dan keteraturan pengobatan ibu hamil dengan perilaku mencegah komplikasi hipertensi dalam kehamilan yang dilakukan di RSUD Koja Jakarta Utara pada bulan November-Desember 2002. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif analitik yang bersifat cross sectional, dengan populasi penelitian adalah seluruh ibu dengan HDK yang melakukan antenatal care di poliklinik kebidanan RSUD Koja, rumusan masalah adalah kurangnya upaya ibu hamil untuk mencegah komplikasi hipertensi dalam kehamilan dan faktor apa yang berhubungan dengan peningkatan perilaku mencegah komplikasi hipertensi dalam kahamilan. Sampel ditetapkan 84 orang melalui perhitungan statistik, dikumpulkan melalui penyebaran kuestioner penelitian dan telah dilakukan uji coba validitas dan reliabilitas instrument sebelumnya di rumah sakit umum Pasar Rebo yang memiliki spesifikasi setara dengan rumah sakit umum Koja Jakarta Utara. Hasil penelitian melalui perhitungan analisis uji t untuk data dua kategori dan interval, uji Anova oneway untuk data tiga kategori atau lebih dan interval serta uji korelasi Pearson ( r ) untuk data interval-interval dengan a 0,05 dan uji regresi multiple ganda adalah, variabel-variabel dari karekateristik ibu yang dominan dalam upaya pencegahan komplikasi FMK adalah tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu. Dilaporkan karakteristik responden yang berhubungan dengan upaya pencegahan komplikasi hipertensi dalam kehamilan adalah : tingkat pendidikan ibu (p= 0,000) dan tingkat pengetahuan ibu (p = 0,012) , sedangkan variable lain tidak berhubungan yaitu penghasilan (p = 0,0235 ),pekerjaan (p = 0,013) , jenis kehamilan ( p = 0,028 ), umur kehamilan (p = 0,410 ), paritas (p = 0,0731 ), umur ibu ( p = 0,976 ) dan kenaikan berat badan (p = 0, 367 ) dari karakteristik ibu yang dominan dalam upaya pencegahan komplikasi HDK adalah tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu.
Daftar Pustaka : 76 (1981- 2001 ).

The research of the relation between characteristic, knowledge and regularly treatment of pregnant mother with hypertension's prevention behavior in pregnancy, was conducted in RSUD Koja Jakarta Utara on November 2002 until December 2002. It was a cross sectional analysis research involving all mothers with hypertension, which were attending the antenatal care in Obstetric policlinic RSUD Koja, as the population. The objective were the less effort of pregnant mother's to prevent hypertension in pregnancy and what factors could affect to gain those effort. Data was obtained from 84 samples by questionnaire; reliability and validity test has been done for its instrument in RSU Pasar Repo, which has a similar specification with RSUD Koja. In analysis method, the t test analysis is used for 2 categories data and analysis of variance (ANOVA) one way is used for 3 or more categories data, the Pearson's analysis correlation (r) is used for interval data with a=0.05 and multiple regression test for variables from mother's dominant characteristic in effort to prevent hypertension in pregnancy are education and knowledge. The dominant characteristics of samples are: mother's education level (p=0.000) and mother's knowledge level (p=0.012). The unrelated characteristics are: income (p=0.0028), age of pregnancy (p=0,410), mother's age (p=0.976) and weight gaining (p=0.367).
Bibliography: 76 (1981 - 2001)

 File Digital: 1

Shelf
 Hubungan antara-Full text (T 9797).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T 9797
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 94 hal.: il., 27 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T 9797 15-17-836307394 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 72938