:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Sikap pria bangsawan rusia terhadap wanita di dalam novel Krietserova Sonata dan D?Yavol karya Lev Nikolaevic Tolstoy

Thera Widyastuti; Soenarjati Djajanegara, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

ABSTRAK
Lev Nikolaevic Tolstoy adalah salah seorang sastrawan besar Rusia pada abad ke-19_ Karya-karyanya sudah banyak yang diterbitkan, dua diantaranya adalah novel Krietserova Sonata dan D'yavol. Kedua novel tersebut dipilih karena dianggap mempunyai keterkaitan antara novel yang satu dengan yang lainnya. Kedua novel tersebut menceritakan bagaimana kehidupan kaum bangsawan di Rusia pada abad ke-19, terutama bagaimana sikap pria bangsawan dalam memperlakukan wanita dan hal tersebut diangakat sebagai permasalahan di dalam tesis ini.
Tesis ini menganalisis kedua novel tersebut dengan pendekatan intrinsik dan ekstrinsik melalui tokoh dan penokohan yang ada di dalam kedua novel tersebut. Tokoh Poznishev (Kreitserova Sonata) dan Yevgeny lrtenev (D'yavol) adalah tokoh utama di kedua novel tersebut, sedangkan Liza (Kreitserova Sonata)dan Liza Anneskaya (D'yavol) adalah tokoh bawahan, di samping itu juga terdapat beberapa tokoh lain.
Kehidupan kaum bangsawan di Rusia sangat menarik untuk dibahas karena mereka mempunyai aturan-aturan dan norma-norma tersendiri yang pada akhirnya membentengi kehidupan sosial mereka. Latar sosial dan budaya bangsa Rusia turut mewarnai tokoh dan penokohan di dalam kedua novel tersebut. Segi kehidupan kaum wanita di Rusia pada abad ke-19 pada umumnya yang tercermin di dalam kedua novel karya Tolstoy tersebut.
Tesis ini terdiri dari lima bab, yaitu Pendahuluan, Latar Belakang Perkembangan Sosial Budaya Bangsa Rusia dan Kaitannya Dengan Kehidupan Kaum Wanita di Rusia pada abad ke-1 9, Lev Nikolaevic Tolstoy dan Wanita, dan Analisis Permasalahan serta Kesimpulan.

Lev Nikolaevic Tolstoy was the most populer Russian writer in the 19th century. There were so many his works which have already published; two of them were Kreitserova Sonata and D'yavol. Those novels were selected to analysis because both novels had same theme. They told how the Russian aristocracy's life style and how the Russian aristocracy treated the women in 19th century and all of that were created as a problem in this thesis.
To analyse these novels, this thesis are using two approaches, intrinsik and ekstrinsik especially through character and characterization. Poznishev (Kreitserova Sonata) and Yevgeny Irtenev (D'yavol) are the superior characters, and also Liza (Kreitserova Sonata) and Liza Anneskaya (D'yavol) is inferior characters, and still there are many interesting characters. Aristocracy' life style is very interesting to analyze because they had their own rules which has surround their living and also the aristocracy's social background had already attracted to observed, especially the women in Russia in 19th century which were reflected in both Tolstoy's novel.
This thesis have 5 chapter, such as Introduction, Social Background of Russia in 1 9th century which have related with Women in Russia, Lev Tolstoy and women, Analyzed the problem, and Conclusion.

 File Digital: 1

Shelf
 T10181-Thera Widyastuti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 158 pages ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-490597576 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73047