:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perubahan maskot kampus southwestern college di california dari the apaches menjadi the jaguar pada tahun 2001 = The change of southwestern college's mascot from the apaches to the jaguar in California, 2001

Piga Hybrida Palupi Loedji; Zeffry, supervisor (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Tesis ini bertujuan untuk menunjukkan sebab-sebab terjadinya perubahan maskot kampus Southwestern College (SWC) di California pada tahun 2001.
Sebagaimana layaknya sekolah-sekolah dan perguruan-perguruan tinggi di Amerika, SWC yang didirikan pada tahun 1961 mempunyai maskot, khususnya untuk tim olah raganya. Maskot SWC adalah The Apaches, nama salah satu suku Indian di Amerika Karena The Apaches adalah nama suku, maka pemakaian tersebut diprotes oleh Orang Indian. Manusia tidak boleh dijadikan maskot dan nama julukan karena hal itu merupakan sebuah bentuk penghinaan. Akhirnya pada tahun 2001 SWC mengganti maskotnya dari The Apaches menjadi The Jaguar. Jaguar yang merupakan nama hewan diharapkan tidak lagi mendatangkan protes karena nama-nama hewan boleh dijadikan maskot dan nama julukan.
Untuk membahas masalah tersebut digunakan beberapa konsep yaitu konsep simbol, konsep maskot (khususnya mengenai maskot yang berhubungan dengan kebudayaan Indian), konsep identitas, serta konsep multikulturalisme.
Tesis ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kajian kepustakaan. Teknik yang digunakan adalah teknik deslaiptif-interpretatif. Data yang tersedia dianalisis untuk memahami masalah masalah yang terdapat di balik gejala-gejala yang tampak di permukaan.
Melalui analisis terlihat bahwa perubahan maskot SWC di California dari The Apaches menjadi The Jaguar pada tahun 2001 terjadi karena adanya kesadaran akan keragaman budaya dan penghargaan terhadap perbedaan. Perubahan tersebut juga tidak terlepas dan. fakor-faktor politik, ekonomi dan sosial-budaya yang ada pada masyarakat Amerika.

This thesis aims to show the reasons of the mascot change which took place in Southwestern College (SWC), California in 2001. As most schools, colleges, and universities in USA do, SWC which was established in 1961 also has a mascot, especially for their athletic teams. SWC's mascot is The Apaches, which is derived from the name of one of the Native American tribes. Because of that, this use provoques protests from Indian people. They say that using them as mascot is an insult Finally in 200I SWC changed their mascot from The Apaches to The Jaguar. Jaguar is an animal therefore there should be no more protest because the names of animals are allowed to be adopted as mascot.
To analyze this problem several concepts are used. They are the concepts of symbol, mascot -especially those belong to Indian culture-, concepts of identity and multiculturalism
This thesis is a qualitative research which applies a library study. The technique applied is a descriptive-interpretative technique. The data is analyzed in order to understand the problems which exist beyond the phenomenons.
The analysis proves that the reason of the mascot change in SWC in 2001 is the awareness of cultural diversity and the appreciation of difference. The change is also related to the political, economic, and socio-cultural context of American society.

 File Digital: 1

Shelf
 T 11083-Perubahan maskot.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T11083
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T11083 15-19-587714690 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73837