:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kajian terhadap karakteristik beberapa basisdata bidang pertanian dalam media CD-ROM

Eka Kusmayadi; Marsudi W. Kisworo, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Penelitian ini dilakukan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA), Bogor. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari karakteristik beberapa basisdata bidang pertanian yang terdapat dalam media CD-ROM dan mengetahui tingkat kepentingan setiap jenis ruas (Field) dalam basisdata bagi para pengguna CD-ROM. Basisdata yang digunakan adalah TROPAG, AGRIS, CAB dan AGRICOLA.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode experimental dan survai. Metode experimental untuk mengetahui karakteristik basisdata, sedang metode survai untuk mengetahui tingkat kepentingan setiap jenis ruas dala basisdata menurut pengguna dan biaya pengadaan setiap jenis CD-ROM. Metode eksperimental dilakukan dengan menggunakan 2 kelompok pernyataan pencarian (query). Query pertama adalah subjek-subjek bidang petemakan untuk mengetahui variabel ruang lingkup, ukuran basisdata, struktur berkas (file) dan ruas (field), keterkinian informasi dan aksesibilitas sistem. Query ke-2 merupakan penurunan dari judul-judul penelitian yang sudah ada untuk mengetahui variabel presisi.
Populasi yang digunakan adalah peneliti yang pemah menggunakan CD-ROM di Pustaka, sedangkan jumlah sampel yang diamati adalah sebanyak 30 orang responden. Instrumen yg digunakan dalam survai adalah kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap jenis basisdata mempunyai karakteristik yang berbeda. Berdasarkan kepentingan jenis ruas menurut pengguna, maka urutan kesesuaian basisdata untuk kepentingan penelusuran adalah AGRICOLA, CAB, AGRIS dan TROPAG. Basisdata AGRICOLA digunakan terutama untuk memenuhi kebutuhan hasil-hasil penelitian yang bersumber dari Amerika Serikat. CAB, AGRIS dan TROPAG adalah basisdata pelengkap untuk memenuhi kebutuhan hasil penelitian yang bersumber dari wilayah Asia. AGRIS dan TROPAG mempunyai peluang yang lebih besar sebagai basisdata pelengkap daripada CAB, karena lebih murah ditinjau dari segi biaya pengadaan. Dalam proses pencarian informasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan operator berpengaruh terhadap perolehan artikel yang relevam Operator AND memberikan nilai presisi dan recall yang lebih tinggi dibandingkan dengan operator WITH, NEAR dan IN (TI). Lebih dari 50 persen responden menganggap bahwa jenis ruas yang sangat penting adalah judul (Ti) dan tahun publikasi (PY), sedangkan ruas yang penting adalah lokasi penelitian (LO), sumber artikel (SO), bahasa yang digunakan untuk teks (LA) dan bahasa yang digunakan untuk ringkasan (LS).

Study on Characteristics of Agricultural Databases in CD-ROM The study was done at Center for Agricultural Library and Technology Dissemination (CALTD), Bogor. The objectives of the study were to find out characteristics of several agricultural electronic databases in CD-ROM and the importance rank of fields for users. The databases were TROPAG, AGRIS, CAB and AGRICOLA.
The experimental method by using two queries consisted of livestock subjects and research titles was used to find out databases characteristics and survey by using questionnaires was used to find out the importance rank of fields for users and also the cost of CD-ROM acquisition. The first query was to obtain coverage, size, file and fields structures, currentness and accessibility of systems; the second was to obtain precision.
The population was researchers who used CD-ROM at CALTD, 30 of them were samples. Interview was used to find out cost per articles. The results showed that there was a difference in characteristics of the four agricultural databases. On the importance of fields, the suitable databases consecutively were AGRICOLA, CAB, AGRIS and TROPAG. AGRICOLA contained mostly needed information published in USA and its adjacent, and then CAB, AGRIS and TROPAG on information from Asia. Cost per articles of CAB was more expensive than AGRICOLA, moreover AGRIS. On the searching process, AND operator has precision and recall value higher than WITH, NEAR and IN (TI). More than 50 percent of users were of the opinion that more importance fields were title (TI) and publication year (PY), and afterwards were research location (LO), source (SO), language of text (LA) and language of summary (LS).

 File Digital: 1

Shelf
 T 11731-Kajian terhadap.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T11731
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 72 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T11731 15-19-822504581 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73993