:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Tharekat sholawat wahidiyah: studi kasus tentang pemahaman Agama Islam pada Dukuh Nggrogol dan Kranjan, Desa Wonosalam Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Anizar Abdurahman Yulino; S. Boedhisantoso, supervisor; Johannes Emmed Madjid Prijoharjono, supervisor; Achmad F. Saifuddin, examiner; Boedhihartono, examiner ([Publisher not identified] , 1999)

 Abstrak

Latar belakang penulisan tesis: Masyarakat di pesisir pantai pantai utara Pulau Jawa, sejak berabad lalu sudah melakukan interaksi dalam kontak sosial dan budaya dengan dunia luar. Para pedagang sebagai pendatang, mereka khususnya membawa juga pemahaman-pemahaman ajaran agama Islam. Proses pembentukan ajaran tersebut sangat terpengaruh oleh tradisi-tradisi setempat.
Tujuan penelitian: ingin mengetahui bagaimana pemahaman para pengamal Tharekat Sholawat Wahidiyah,di desa tersebut. Serta bagaimana pola-pola dari gagasan-gagasan, nilai-nilai dan tindakan-tindakan yang diwujudkan mereka dalam sehari-harinya. Metode Penelitian: dilakukan berdasarkan metode dan pendekatan kualitatif, pendekatan ini kemudian dianalisis dengan gejala-gejala sosial dan budaya, dengan menggunakan kebudayaan masyarakat setempat. Kemudian dengan melakukan pengamatan, mengenai gejala-gejala yang ada dalam masyarakat tersebut. Gejala-gejala tersebut berdiri sendiri akan tetapi saling berkaitan, sehingga merupakan satu kesatuan yang bulat dan menyeluruh. Pendekatan ini dinamakan pendekatan Holistik. Teknik pengambilan data dengan melakukan wawancara, secara formal, informal dan kasual.
Hasil penelitian: Aturan-aturan Tharekat Sholawat Wahidiyah adalah bersumber dari ajaran-ajaran Agama Islam sebagai gejala sosial yang merupakan ikatan bersama yang mampu menyatukan anggota, pengikut menjadi suatu kelompok, di bawah seorang pimpinan. Sehingga kelompok ini adalah kelompok yang eksklusiv.
Saran: upacara-upacara yang dilakukan oleh kelompok ini, mampu membina rasa solidaritas sosial, khususnya untuk kehidupan mereka sehari-hari, sebagai kelompok masyarakat yang penuh dengan nilai-nilai sosial dan budaya.

 File Digital: 1

Shelf
 T10242-Anizar Abdurahman Yulino.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1999
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : v, 160 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-396355074 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 75825