:: UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Laporan Kegiatan Pelatihan Penelitian Operasional: Suatu Model Pemecahan Masalah

Supardjo; (Universitas Indonesia. Lembaga Penelitian, 1996)

 Abstrak

Penelitian operasional adalah suatu proses dalam dua bentuk yang berbeda:
1. Merupakan suatu urutan peristiwa dan kegiatan dalam tiap ulangan mengumpulkan data, umpan balik dan memproses data serta mengambil tindakan berdasarkan data yang diperoleh;
2. Merupakan siklus ulangan kegiatan-kegiatan di atas, kadangkala mengerjakan masalah yang sama lewat beberapa siklus dan kadangkala pindah ke masalah-masalah yang berbeda di tiap siklus.
Keduanya menunjukkan sifat keberlangsungan (ongoing nature) suatu penelitian operasional. Penelitian operasional dapat juga didiskripsikan sebagai suatu pendekatan pemecahan masalah, jadi menyarankan kegunaannya sebagai model, panduan atau paradigma. Dengan digunakannya sebagai mode/acuan atau paradigma pemecahan masalah, penelitian operasional dapat didefinisikan sebagai aplikasi dari cara pencarian fakta secara ilmiah dan percobaan pada masalah-masalah praktis yang membutuhkan pemecahan operasional, serta melibatkan kerjasama para ilmuwan, praktisi, dan orang-orang awam.
Hasil yang diinginkan dari pendekatan penelitian operasional ini adalah pemecahan terhadap masalah-masalah langsung dan kontribusi kepada pengetahuan dan teori ilmiah. Melihat penelitian dari segi ini menunjukkan dua hal (gambaran) tambahan panting bagi mereka yang bekerja di bidang pengajaran maupun program lapangan.
Pertama, dituntut kegiatan-kegiatan yang didasarkan pada penelitian diagnostik, atau dengan kata lain mendiagnosis masalah dan mendasarkan rencana kegiatan atas diagnosis tersebut. Kedua, dituntut kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata yang disertai atau didampingi dengan penelitian sehingga dapat dibangun suatu kumpulan pengetahuan dan teori dari efek-efek berbagai kegiatan yang diarahkan untuk memecahkan permasalahan dunia nyata.
Jadi, kegiatan-kegiatan untuk memecahkan permasalahan dunia nyata memberikan kesempatan unik bagi keduanya: seorang ilmuwan peneliti dan seorang awam administrator, jika masalah didekati dari sudut pandang model penelitian operasional. Masalah administrator akan dapat dipecahkan dan?

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Supardjo-Laporan Kegiatan Pelatihan Penelitian Operasional- Suatu Model Pemecahan Masalah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : LP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia. Lembaga Penelitian, 1996
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik 8 pages; 28 cm
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-pdf 09-19-884176059 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76473