:: UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Citra Wanita Pekerja Rusia: Sebuah Studi Komparatif Terhadap Nilai-Nilai Feminis Pada Karya-Karya Terbaik A.M. Kollontai Dan N.V.Baranskaia

Mina Elfira; (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Penelitian ini adalah sebuah studi untuk menjelaskan sejauh mana latar belakang seorang pengarang dan kondisi suatu masyarakat memberikan pengaruhnya terhadap pengembangan nilai-nilai feminis yang dianut si pengarang yang terfleksi dalam pencitraan karakter-karakter wanita tertemu dalam cerita-certanya. Untuk itu dilakukan analisis perbandingan tcrhadap karva-karya terbaik Aleksandra Mikhailovna Kollontai: Vasilisa Maligina, Lyubov Trekh Pokolenii, Sestri, dan Natalia Vladimirovna Baranskaia :Nedelia Kak Nedelia. Delikatnyi Razgovor, The Retirement Party.
Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan. Sedangkan dalam melakukan analisis terhadap bahan-bahan yang ada digui akan tiga metode yaitu expository, descriptive, clan criticism.
Bab I dan II terdiri dari biographi singkat A.M. Kollontai dan N.V. Baranskaia yang difokuskan pada faktor-faktor sosial yang mempengaruhi pandangan-pandangan kedua pengarang. Pandangan-pandangan tersebut diasumsikan telah mempengaruhi mereka dalam mempresentasikan citra-citra dalam cerita-cerita mereka. Dalam kedua bab ini .juga dilakukan pendeskripsian secara detil karakter tokoh-tokoh wanita, yang dipresentasikan oleh kedua pengarang, dan menginterpretasikan tema cerita-cerita mereka dalam rangka menganalisa tujuan dari kedua pengarang dalam menampilkan citra-citra tertentu pada cerita-cerita mereka. Selain itu, dalam bab-bab ini juga dilakukan analisa-analisa terhadap gaya penulisan kedua pengarang, terutama rerhadap berbagai tipe informan yang digunakan olch kedua pengarang dalam menyampaikan ceritanya kepada pembaca. Tipe-tipe inforrnan tertentu secara sengaja telah dipilih oleh kedua pengarang dalam usaha untuk menciptakan kesan srta konotasi tertentu kepada para pembaca mereka.
Pada bab III dilakukan perbandingan terhadap karya-karya kedua pengarang dalam mengambarkan para wanita, dan peranan-peranan dari para tokoh-tokoh wanita (protagonis, tokoh wanita positip, tokoh wanita negatip). Pada bab ini juga dilakukan suatu analisis terhadap faktor-faktor (Latar belakang sosial, kepercayaan; pengalaman hidup, pekerjaan, pcndidikan, status dalam masyarakat, serta tujuan penulisan) yang mempengaruhi kedua pengarang dalam memberikan citra-citra tertentu, baik positip maupun negatip, pada tokoh-tokoh wanita mereka. Selain itu. bab ini juga membahas perbedaan-perbedaan dan kesamaan-kesamaan nilai-nilai feminis yang dianut oleh kedua pengarang melalui bukti-bukti internal dari tingkah laku tokoh-tokoh wanita yang tercatat di dalam teks-teks mereka.
Dalam membandingkan karya-karya fiksi Aleksandra Mikhailovna Kollontai dan Natalia Vladimirovna Baranskaia, ada beberapa hal yang dapat disimpulkan: 1. Aleksandra Mikhailovna Kollontai dan Natalia Mikhilovna Baranskaia sangat individual dalam menginterpretr sikan nilai-nilai feminis yang dapat dilihat dari cara mereka mernpresentasikan tokoh-tokoh wanita dalam karya-karva fiksi mereka. 2. Latar belakang sosial, kepercayaan, pengalaman hidup, pekerjaan, pendidikan, status dalam masyarakat, serta tujuan penulisan juga telah memberikan dampak bagi mereka dalam menginterpretasikan nilai-nilai feminis serta tujuan dan gaya penulisan mereka. 3. Walaupun citra-citra yang terdapat dalam cerita-cerita mereka merupakan representasi dari pandangan-pandangan kedua pengarang terhadap status dan fungsi kaum wanita dalam masyarakat, yang pada tingkat tertentu, citra-citra tersebut merupakan gambaran dari citra kaum wanita pada lingkungan masyarakat kedua pengarang.

 File Digital: 1

Shelf
 LP 1999 - 2000 4a.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : LP 1999-2000 4
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000
Sumber Pengatalogan
Tipe Konten
Tipe Media
Tipe Carrier
Deskripsi Fisik
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP 1999-2000 4 09-19-418344641 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76708