:: UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Kompetensi Kinerja Pekerja Informasi : Suatu Tinjauan Ulang terhadap Kurikulum Pendidikan Bidang Informasi dan Perpustakaan

Anon Mirmani; (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Latar belakang
Perkembangan dan pembangunan pendidikan masyarakat Indonesia harus diikuti dengan perkembangan perpustakaan sebagai bagian integral dari proses perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mengembangkan perpustakaan ini diperlukan tenaga-tenaga berkualifikasi sebagai pustakawan.
Salah satu sekolah perpustakaan yang menawarkan pendidikan formal untuk mendidik tenaga berkualifikasi tinggi atau tenaga profesional akademis adalah Jurusan Ilmu Perpustakaan - Fakultas Sastra, Universitas Indonesia. Sejak berdirinya lembaga ini telah menghasilkan tenaga profesional di bidang informasi yang mencakup perpustakaan, records management, arsiparis dan spesalis informasi lainnya, sekitar 600 orang pada tingkat sarjana.
Paradigma baru dalam bidang perpustakaan adalah paradigma kognitif. (Pendit, 1996: 8, mengutip Savolainen). Artinya bahwa yang dulu peran perpustakaan hanya sebagai penengah, kemudian ke cara pandang bahwa peran perpusatakaan adalah untuk kepentingan user (pemakai). Atau dengan kata lain cara pandang lama pemakai tidak bebas menentukan setting sendiri dalam mencari apa yang diperlukannya.
Perbedaan paradigma inilah yang mengubah semua isi atau muatan kurikulum dalam bidang yang bersangkutan. Untuk mengetahui apakah kurikulum yang ditawarkan oleh Jurusan Ilmu Perpustakaan sesuai dengan kebutuhan baik ketrampilan maupun pengetahuan lulusannya dalam lingkungan kerja.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Anon Mirmani-Kompetensi Kinerja Pekerja Informasi - Suatu Tinjauan Ulang terhadap Kurikulum Pendidikan Bidang Informasi dan Perpustakaan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : LP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000
Program Studi :
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik iv, 21 pages : illustration ; 28 cm
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-pdf 09-19-932645749 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76854