:: UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Rancangbangun Sistem Automasi Berbasis Komputer dengan CASLib versi 2.02 di Perpustakaan Lembaga Penelitian Universitas Indonesia

Ardoni Yonas; (Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 1995)

 Abstrak

Sistem automasi di Perpustakaan Lembaga Penelitian Universitas Indonesia (LPUI) dirancangbangun berbasis CASLib versi 2.02. Sistem mengelola data untuk menghasilkan informasi bersifat indikatif (sebagai wakil dokumen) dan informatif (sebagai wakil karya). Tujuan pembangunan pangkalan data adalah: (1) memudahkan temu balik infonnasi Bibliografis (khusus laporan penelitian); (2) menyediakan informasi tentang penelitian yang sedang berjalan yang dilakukan oleh anggota sivitas akademika di lingkungan Universitas Indonesia; (3) menyediakan informasi tentang abstrak berbagai bidang penelitian yang dikelola oleh LPUI.
Peraturan yang digunakan untuk identifikasi data bibliografis adalah Anglo American Cataloguing Rules 2"d Edition dengan beberapa penyimpangan, khususnya untuk daerah pernyataan kepengarangan. Sedangkan format informasi yang digunakan adalah format informasi tingkat 1 dan tingkat 2. Informasi dalam pangkalan data dapat diakses melalui berbagai titik sibak seperti peneliti, judul laporan, kelompok bides ilmu, subjek, kata kunci, tahun anggaran, dan sumber dana penelitian.
Rancangbangun dikerjakan dengan melibatkan partisipasi calon pemakai dengan cara uji coba program secara langsung. Uji coba dilakukan terhadap 100 data laporan penelitian yang dipilih berdasarkan keragaman tingkat kolaborasi peneliti dalam dokumen tersebut. Pada waktu uji coba, perangkat lunak dijalankan pada perangkat keras PC 486DX. Uji coba dilakukan untuk mendapatkan umpan balik tentang kemudahan cara pengoperasian, estetika tampilan, kelengkapan informasi yang ditampilkan, serta kecepatan temu balik informasi. Hasil uji coba menunjukkan bahwa pangkalan data relatif mudah dioperasikan, estetika tampilan cukup memadai, informasi tampilan cukup lengkap dan memadai, serta kecepatan temu balik informasi relatif tinggi.
Hasil rancangbangun adalah terbentuknya pangkalan data bibliograIi dan informasi penelitian yang didukung oleh perangkat lunak CASLib Versi 2.02 dengan beberapa pernbahan yang disesuaikan dengan kepentingan pangkalan data di LPUI. Program pendukung pangkalan data (CASLib Versi 2.02) dapat dioperasikan secara singleuser pada 1 unit PC alau secara multiuser pada LAN atattpttn WAN. Perangkat lunak pendukung sistem terdiri dari 3 modul, yaitu: 2 modul utama yang terdiri dari modul penelusuran dan modul katalogisasi serta 1 modul pembantu yang merupakan modul utilitas.
Program dilengkapi dengan fasilitas keamanan untuk pangkalan data berupa sandi program yang dipegang oleh manajer sistem dan sandi operator.

 File Digital: 1

Shelf
 LP 1995 15a.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : LP 1995 15a
Entri utama-Nama orang :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 1995
Sumber Pengatalogan
Tipe Konten
Tipe Media
Tipe Carrier
Deskripsi Fisik
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP 1995 15a 09-20-277496311 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77145