:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisa jangka waktu pinjaman (payback period) pada pembiayaan project perluasan Kilang LNG

Djudju Djumena; Sunaryo, supervisor ([Publisher not identified] , 1998)

 Abstrak

ABSTRAK
Beberapa proyek pembangunan kilang LNG di Indonsia telah berjalan baik dan telah menghasilkan devisa bagi negara yang tidak sedikit nilainya.
Proyek-proyek tersebut terdiri dari grass root project (pendirian kilang LNG baru) dan ada pula extension project untuk peningkatan kapasitas kilang yang ada. Mayoritas proyek telah dibiayai dengan pinjaman dana dari luar negeri menggunakan cara non-recourse project financing.
Jangka waktu pinjaman dana (pay back period) dari masing-masing project berbeda-beda berkisar antara 8 sampai 15 tahun. Demikian juga tingkat bunga pinjaman yang dikenakan X % diatas Libor tidak sama.
Usulan proyek selalu dilengkapi dengan perhitungan keekonomian proyek berupa perkiraan arus dana (cash flow) sampai dengan perhitungan Net Present Value (NPV) dan Internal Rate of Return (IRR) yang akan diperoleh sebagai kriteria dalam pengambilan keputusan.
Tesis ini melakukan analisa dari jangka waktu pinjaman (pay back period) kaitannya terhadap NPV dan IRR, menggunakan data dari salah satu proyek perluasan kilang LNG dengan sebutan kilang LNG Train-X.
Jangka waktu pinjaman yang dianalisa mulai dari jangka waktu minimum sampai dengan jangka waktu maksimum 20 tahun (batas rata-rata umur teknis kilang LNG).
Tingkat bunga pinjaman yang diperhitungkan dalam analisa menggunakan beberapa skenario kemungkinan naik atau tetap sama atau turun. Demikian juga dengan discount factor pada perhitungn NPV dan IRR.
Hasil analisa menunjukan bahwa optimasi jangka waktu pinjaman (pay back period) untuk mencapai tingkat keekonomian proyek yng lebih baik tergantung dari kemungkinan tingkat bunga yang dikenakan bagi masing-masing jangka waktu.
Yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengujian melalui arus dana (cash flow) dari masing-masing jangka waktu pinjaman dan tingkat bunga pinjaman. Penentuan jangka waktu pinjaman optimum berdasarkan pada kriteria NPV dan IRR yang paling tinggi.

 File Digital: 1

Shelf
 T1359-Djudju Djumena.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1998
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 73 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-802550011 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77581