:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Partisipasi anggota kelompok sebagai salah satu faktor pendukung keberhasilan Kelompok Usaha Bersama yang berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan dasar anggota: Studi kasus KUB Subur di Dusun Ciputat Desa Puncak Manggis Kecamatan Sagaranten Kabupaten Dati II Sukabumi

Agus Hizbullah; Priadi Permadi, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1998)

 Abstrak

Tesis ini meneliti tentang Partisipasi anggota sebagai salah satu faktor pendukung keberhasilan kelompok usaha bersama yang berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan dasar anggota dalam kasus KUB Subur di Dusun Ciputat Desa Puncak Manggis Kecamatan Sagaranten Kabupaten Dati II Sukabumi.
Adapun tujuan penelitian ini adalah Pertama, menggambarkan tahapan perkembangan kelompok sampai mencapai prestasi/ keberhasilan; Kedua, menggambarkan bentuk sumbangan yang diberikan, imbalan yang diterima anggota dari kelompok yang berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan dasarnya.
Metoda penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung dimana peneliti langsung berada di lapangan, mengadakan wawancara tidak berstruktur dan studi dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik snowball sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 4 tahap yang dilalui KUB Subur sampai mencapai prestasi/keberhasilan. Tahapan tersebut adalah Pertama tahap pembentukan, ditandai dengan diletakannya dasar perilaku kelompok yang berkaitan dengan pekerjaan maupun hubungan perseorangan.
Kedua tahap pancaroba, adanya konflik didalam kelompok sebagai akibat ketidakpuasan anggota; Ketiga tahap pembentukan norma baru, ditandai dibuat aturan-aturan baru dan peranan baru dari anggota kelompok; Keempat tahap berprestasi, ditandai dengan hubungan baik antar anggota digunakan untuk memperlancar pelaksanaan kegiatan-kegiatan selanjutnya.
Partisipasi anggota adalah sumbangan berupa tenaga, barang/uang, buah pikiran, ketrampilan dan partisipasi sosial. Manfaat yang anggota terima dari kegiatan partisipasinya adalah berupa uang/barang yang digunakan untuk memenuhan kebutuhan keberadaan (existence), keanggotaan dalam kelompok berguna untuk pemenuhan kebutuhan berhubungan (relatedness), sedang tambahan ketrampilan, pelibatan dalam latihan berhubungan dengan motif pemenuhan kebutuhan untuk berkembang (growth need).

 File Digital: 1

Shelf
 T2301-Agus Hizbullah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1998
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : v, 159 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-472284099 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77601