:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peningkatan efektivitas proses panjar dinas dan penyelesaian deklarasi dengan pendekatan re-engineering

Putranto; Bambang Sugiarto, supervisor ([Publisher not identified] , 1998)

 Abstrak

ABSTRAK
Panjar Dinas dan penyelesaian Deklarasi merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan untuk karyawan yang melaksanakan dinas dengan biaya perusahaan. Setiap keberangkatan dinas harus didukung dengan Surat Perintah Dinas (SPD) yang merupakan dokumen untuk mengambil panjar ke perusahaan, selanjutnya pada saat karyawan kembali dari tempat dinas maka harus dipertanggung jawabkan dalam bentuk Deklarasi ke Kas perusahaan dengan melampirkan SPD dan panjar dinas. Implementasi pengaturan dinas setiap perusahaan berbeda satu dengan lainnya, dikarenakan adanya perbedaan kemampuan, otorisasi dan teknologi informasi yang di miliki sehingga kecepatan proses dokumen dari masing - masing perusahaan menjadi berbeda. Hal ini dapat mempengaruhi keandalan perusahaan dalam menghadapi persaingan dengan mitra bisnisnya.
Dalam era globalisasi diperlukan teknologi informasi yang dapat mempercepat proses dokumen seperti " EDI " (Electronic Data Interchange) dan " EFT " ( Electronic Fund Teller atau dikenal sebagai ATM ( Anjungan Tunai Mandiri ). Kedua teknologi informasi ini diketahui bermanfaat bagi para pelaku bisnis karena dapat mempercepat waktu proses dan penggunaan tenaga kerja yang relatip sedikit.
Kendala sistem pembayaran di Pertamina pada saat ini adalah masih mengacu kepada sistem Pengendalian Intern yaitu transaksi pembayaran dapat terlaksana jika kelengkapan dokumen seperti kwitansi, faktur dan lain sebagainya terpenuhi, sedangkan kendala lainnya berupa prosedur, otorisasi pembayaran yang dimiliki masing - masing Direktorat berakibat proses menjadi panjang sehingga perlu disederhanakan melalui BPRe ( Business Process.Re-engineering) sebagai alat untuk memangkas birokrasi.
Both service Down Payment and Declaration completeness are an
integrated entity for the employees who do perform service with that company's
finance. A service departure should be supported with a service order letter which
is a document for taking a down payment to that company, it is further had
responsible in the form of declaration to the company's cashier when he or she
has come back from the service point and attaching both service order letter and
service down payment. Implementation of service regulation a company as
different each other, because there are difference of capability, authorization and
information technology is owned so that the acceleration of document process
from each company will be different. It can influence the company reliability for
dealing with the competitiveness with their partnership or competitors.
In the globalization e~ information technology is needed which can
accelerate the document process such as "EDI"( Electronic Data Interchange )
and "EFT" ( Electronic Fund Teller ) or it is well known as " A TM " ( Anjungan
Tunai Mandiri ). Both these information technology are useful known for the
business participant because they can accelerate the process time and relative
small laborers use.
Constrains of the payment system in the PERTAMINA at present is still
follow to the internal control system is that the payment transaction can be
performed when the document completeness such as, receipts, invoice and so on
all be completed, where as other constrains such as procedures, payment
authorization is owned of each Directorate has cause that process will be longer,
therefor it is necessarily simplified trough the Business Process Reengineering as
an instrument to cut off the bureaucracy.

 File Digital: 1

Shelf
 T5562-Putranto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1998
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text ;text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 59 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-494818711 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77925