:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi Investasi Syariah Pada PT. Asuransi Takaful Keluarga

Isfandayani; Mochamad Muslich, supervisor (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Tesis ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap strategi investasi PT. Asuransi Takaful Keluarga dalam mengalokasikan dananya pada beberapa instrumen investasi sehingga menghasilkan return yang optimal. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa investasi merupakan salah satu faktor penting dalam pengelolaan dana oleh perusahaan asuransi jiwa. Apalagi perusahaan asuransi syariah yang dari awal sudah memprogramkan adanya produk dengan sistem tabungan dan non tabungan yang keduanya mempunyai bagi hasil untuk nasabah.
Perusahaan harus secara optimal dalam mengelola dananya untuk memperoleh return yang maksimal. Namun di sisi lain, suatu perusahaan keuangan syariah harus konsisten dalam berinvestasi agar jauh dari kegiatan investasi yang mengandung sifat maysir, gharar, dan riha. Selain itu untuk perusahaan asuransi syariah, juga ada batasan dalam porsi berinvestasi dari Menteri Keuangan Republik Indonesia.
Dalam tesis ini penulis batasi hanya menganalisis lima instrumen investasi, yaitu deposito, saham, reksa dana, obligasi, dan pembiayaan murahahah. Analisis tersebut juga meliputi kekafahan dalam kesyariahan masing-masing instrumen, baik itu jenis investasi secara garis besar, maupun hasil diversifikasi ke institusi mana saja. Sedangkan observasi ini dilakukan untuk kegiatan investasi pada tahun 2003.
Untuk pengolahan data dilakukan dengan mengumpulkan data investasi lima instrumen dan dihitung bagi hasil atau return yang diperoleh. Setelah itu dibandingkan dengan maksimisasi hasil dari strategi lain dengan mengubah porsi masing-masing instrumen dan tentunya sesuai dengan hukum positif yang berlaku.
Hasilnya temyata return yang diperoleh melalui strategi dalam mengalokasikan investasi yang tidak sama kebijakan PT. Asuransi Takaful Keluarga, adalah lebih besar. Sehingga diharapkan Cara seperti ini bisa diterapkan dalam menyusun strategi investasi pada perusahaan syariah khususnya PT. Asuransi Takaful Keluarga.

Syariah Investment Strategy of PT Asuransi Takaful KeluargaThe aim of this thesis is to analyze the investment strategy of PT Asuransi Takaful Keluarga in allocating fund on several investment instruments in order to obtain an optimum return. As we all know, investment is one of the most important factors in fund management by a life insurance company. This is especially for Islamic insurance company which from the beginning has programmed a product with saving and non saving system, with outcome sharing for its customers.
A company must manage its fund optimally to obtain a maximum return. However syariah funding company to be consistent in investing to avoid investment gets containing maysir, gharar. and riba. In addition, there are also limitations of investment portions from the Indonesia ministry of Finance for syariah company.
In this thesis, the author limits her analysis on five investment instrument, are deposits, shares, mutual fund, obligations. and murabahah financing. Those analysis also include kekafahan in kesyariahan each instrument, whether it is investment types in general or diversification outcome to any institution. However the observation was carried out only to observe investment in 2003.
The processing of data was done by gathering investment data of five instrument, calculating outcome sharing or the obtained return this was followed by comparing the maximum outcome from another strategy through Lindo Program by changing the portion of each instrument and of course, according to the valid positive law.
The outcome shares that a gifater return was obtained by an investment allocation strategy different from the policy of PT Asuransi Takaful Keluarga. Due to such fact it is haped that this method could be applied in composing an investment strategy for syariah companies particularity PT Asuransi Takaful Keluarga.

 File Digital: 1

Shelf
 T 13402-Strategi investasi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T13402
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T13402 15-19-402315824 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78207