:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pergerakan faktor produksi dan aglomerasi industri

Lies Maria Hamzah; Hera Susanti, supervisor ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak

ABSTRAK
Pembangunan industri merupakan bagian dari pembangunan ekonomi jangka panjang untuk mencapai struktur ekonomi yang seimbang. Tetapi adanya perbedaan potensi sumberdaya keadaan prasarana dan pasar yang merupakan daya tarik lokasi, menyebabkan ketimpangan persebaran lokasi industri. Sejalan dengan kebijaksanaan pembangunan industri, maka telah diidentifkasikan beberapa wilayah Pusat Pertumbuhan industri (WPPI). Pemusatan di dalam ruang suatu wilayah akan memberikan keuntungan aglomerasi. Keuntungan ini akan berpengaruh terhadap arus penduduk investasi dan inovasi. Perpindahan faktor produksi tersebut akan mempengaruhi pertumbuhan sektor industri dan pada akhirnya akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi daerah.
Untuk melihat pengaruh faktor-faktor produksi terhadap pertumbuhan industri besar dan sedang di daerah dan pengaruh harga faktor produksi serta keuntungan aglomerasi terhadap pergerakan faktor produksi, digunakan pendekatan melalui fungsi produksi Cobb Douglas.
Yit = A. Kita . Litb
Kit+ = bo + b1 (γi)t-1 + b2 (gi) t-1
L it+ = c0 + c1 (Wi) t-1 + c2 (gi) t-1
dan L it+ = do + d1 (KK) + d2 (gi) t-1
Data yang digunakan data hasil survey industri besar dan sedang per-daerah oleh Biro Pusat Statistik (BPS), pada periode tahun 1980-1992 melalui program TSP dengan metode Ordinary Least Square (OLS) diperoleh hasil :
Baik modal maupun tenaga kerja berpengaruh terhadap produksi sektor industri dengan tingkat elastisitas yang inelastis dan hasil balik Skala yang meningkat.
Pergerakan faktor produksi baik modal maupun tenaga kerja dipengaruhi oleh balas jasa dan kesempatan kerja yang tersedia.
Keuntungan aglomerasi sebagai akibat adanya kawasan industri dan pusat pertumbuhan tidak mempengaruhi pergerakan faktor produksi pada sebagian besar daerah. Jadi baik modal maupun tenaga kerja akan bergerak ke daerah yang memberikan balas jasa yang lebih tinggi.

 File Digital: 1

Shelf
 T2423-Lies Maria Hamzah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : viii, 70 pages ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-030187392 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78279