:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan agenda surat kabar lokal dengan agenda publik guru, suatu studi agenda setting surat kabar mingguan DIAN dan agenda publik guru di Kabupaten Ngada-Flores-NTT tentang isu-isu hukum

Eduardus Dosi; Eduard Lukman, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Penelitian agenda setting adalah salah satu cara untuk mengukur dan mengetahui apakah ada hubungan antara agenda media dengan agenda publik. Juga ingin mengetahui apakah ada variabel lain yang turut mempengaruhi korelasi antara agenda media dan agenda publik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan agenda setting untuk mengetahui "apakah ada hubungan antara agenda surat kabar mingguan DIAN dengan agenda publik guru dan apakah ada variabel lain yang turut mempengaruhi korelasi agenda surat kabar mingguan DIAN dan agenda publik guru".
Penelitian ini coba memperlihatkan apakah isu-isu hukum yang telah diseleksi dan disusun dalam agenda surat kabar mingguan DIAN diterima oleh publik guru dan isu-isu hukum tersebut dianggap oleh publik guru sebagai isu yang penting pada kurun waktu tertentu.
Variabel independen dalam penelitian ini adalah agenda surat kabar mingguan DIAN tentang isu-isu hukum. Variabel dependen adalah agenda publik guru. Variabel kontrol: (1) kredibilitas media, (2) penggunaan media, (3) pola ketertarikan. Populasi agenda media berupa seluruh berita-berita yang disajikan oleh surat kabar mingguan DIAN. Sampel adalah berita-berita hukum. Populasi agenda publik adalah guru di Kabupaten Ngada yang membaca surat kabar mingguan DIAN. Dari populasi yang ada diambil sampel sebanyak 110 orang dengan menggunakan prosedur "acak sederhana" (simple random sampling), dan isu-isu yang diteliti adalah isu-isu hukum.
Untuk menguji hipotesa agenda setting digunakan dua metode: (1) content analysis yang digunakan untuk mengukur agenda surat kabar mingguan DIAN. (2) survey riset yang digunakan untuk mengukur agenda publik guru.
Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara agenda surat kabar mingguan DIAN dengan agenda publik guru (Ys-0.5089). Ternyata variabel kontrol mempunyai variasi dalam mempengaruhi hubungan antara agenda surat kabar mingguan DIAN dengan publik guru. Penggunaan media secara umum ( tinggi-rendah) mempunyai pengaruh cukup berarti pada hubungan agenda surat kabar mingguan DIAN dan agenda publik guru (tinggi, Ys = 0.4835 ; rendah, Is = 07969). Penggunaan media secara khusus (tinggi - rendah) mempunyai pengaruh yang signifikan pada hubungan agenda surat kabar mingguan DIAN dan agenda publik guru ( tinggi, Is = 0.7833; rendah, Is = 0.5839). Kredibilitas media (tinggi - rendah) mempunyai pengaruh yang signifikan pada hubungan agenda surat kabar minguan DIAN dan agenda publik guru ( tinggi, Is = 0.7927; rendah, Is = 0.8536). Pala ketertarikan (tinggi - rendah) mempunyai pengaruh yang signifikan pada hubungan agenda surat kabar mingguan DIAN dan agenda publik guru (tinggi,Ys = 0.4744; rendah, Is = 0.4656).

 File Digital: 1

Shelf
 T1293 - Eduardus Dosi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 121 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-252264651 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78460